Articles by "Sehat"

Showing posts with label Sehat. Show all posts


Berikut Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang sangat riskan terpapar sinar matahari maupun polusi udara di sekitarnya. Melapisi kulit dengan menggunakan sun cream maupun dengan menggunakan sunblock belum tentu dapat memberi efek yang maksimal pada kulit kita.

Ketika kulit kita terpapar sinar matahari, jumlah antioksidan dalam darah akan berkurang. Meurut spesialis kulit di Glow Skin Beauty, UK, Amanda Von Dem Hagen menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur tertentu sangat bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

"Ada banyak sekali komponen makanan yang bisa dikonsumsi dan membawa efek perlindungan yang juga berbeda-beda. Sebagian besar mengandung antioksidan, yaitu senyawa anti-penuaan yang ada di dalam makanan yang akan memerangi kerusakan kulit dengan cara yang berbeda, salah satunya adalah karotenoid," jelasnya.

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat memberi pigmen berwarna oranye dan merah pada buah dan sayuran yang juga dikenal dengan nama lycopene, lutein, dan beta karoten. Beberapa contoh makanan buah atau sayur yang mengandung karotenoid antara lain adalah, anggur merah, beri, wortel, tomat, dan bayam.

"Buah dan sayur tersebut juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan, kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mencegah peradangan dan penyakit arteri lainnya," ujar Amanda.

Berikut 5 makanan dan manfaatnya bagi kesehatan kulit tubuh:


1.      Delima
Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit. Para ilmuwan menemukan, bahwa nutrisi dalam buah delima dapat mengurangi radiasi UVB yang bisa menyebabkan kerusakan seperti kanker dalam sel-sel kulit. Selain itu, minyak biji delima juga berfungsi sebagai pelindung dari kanker kulit yang disebabkan oleh asam ellagic. Menurut para ahli, kandungan antioksidan polifenol dalam jumlah besar yang ada pada delima dapat menghambat pertumbuhan tumor kulit.

2.     Ceri
Ceri Tart Montmonrency merupakan sumber antioksidan melatonin yang terbaik. Melatonin ini dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Para peneliti menjelaskan, melatonin ini dapat membantu memperbaiki kulit yang terbakar dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Selain itu, ceri juga menjadi sumber vitamin C yang bagus dan dibutuhkan untuk membentuk kolagen pda kulit.

3.     Tomat
Tomat merupakan makanan yang penuh akan antioksidan yang disebut dengan likopen. Likopen sendiri sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar Ultra Violet (UV). Zat ini memberikan warna pada tomat dan dapat menetralkan molekul berbahaya pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari. Hal ini dapat merusak struktur kulit dan DNA yang bisa menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Selain itu, tomat juga bisa menjadi anti-inflamasi yang dapat meredakan kemerahan akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

4.     Wortel
Wortel memiliki vitamin A yang baik untuk mata. Tak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan beta-karoten yang bermanfaat sebagai tabir surya alami dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Selain kedua manfaat tersebut, wortel juga mengandung biotin, yaitu sejenis vitamin B yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku.

5.      Ubi jalar
Seperti pada wortel, ubi jalar juga mengandung antioksidan beta-karoten. Bedanya, antioksidan dalam ubi jalar berubah menjadi vitamin-A dalam tubuh yang menjaga kulit tetap halus, sehat.


Menu Mpasi Terbaik Untuk Si Kecil

Sebelum kita membahas apa saja menu mpasi yang bagus untuk bayi alangkah baik terlebih dahulu mengenal apa sih mpasi itu sendiri dan pada usia bayi berapakah mpasi diberikan. Agar kita nanti nya tidak mengalami kendala jika suatu saat nanti sudah memiliki bayi dan memberikan menu mpasi yang terbaik untuk si kecil.

Mpasi adalah singkatan dari makanan pendamping asi. Bayi diberikan mpasi tepat pada usia 6 bulan dan pada saat usia tersebut ibu boleh memberikan makanan, namun yang harus di ingat kembali bahwa makanan yang di berikan kepada bayi usia tersebut sangat lah berbeda dengan makanan pada orang dewasa umumnya.

Mpasi yang bagimana yang harus di berikan kepada si kecil. Mpasi yang terbaik nya ia lah dengan memberikan makanan si kecil yang di oleh dengan bahan yang alami dan sehat tentu nya tak lupa yang memasak untuk si kecil adalah ibunya sendiri.

Sebelum memberikan mpasi kepada bayi kita alangkah baiknya kita kenalkan terhadap makanan terlebih dahulu agar kita mengetahui apakah bayi kita menderita alergi makanan atau tidak.  Jadi sebelum mengolah menu mpasi kita dapat menghindari makanan tersebut.

Tapi para ibu-ibu baru di luar sana jangan khawatir karena kita akan membahas menu mpasi bagaimana kah yang baik untuk si kecil agar kandungan gizi mpasi yang di berikan mencukupi tubuh si kecil. Dan juga menu mpasi kali ini mudah di dapatkan di pasar tradisional dan modern agar menu mpasi ini bukan hanya untuk ibu-ibu yang memiliki keuangan yang lebih namun dapat juga untuk ibu-ibu yang memiliki keuangan cukup.

Berikut merupakan salah satu menu mpasi yang di rekomendasikan untuk ibu-ibu muda di luar sana.
·         Alpukat
Mengenalkan bayi dengan bubur alpukat karena alpukat mengandung vitamin A, C, kalsium, dan magnesium yang dimana nutrisi tersebut sangat baik untuk system kekebalan tubuh bayi dan juga dapat membantu meningkatkan motoric bayi.

·         Pisang
Menu mpasi selanjutnya ini adalah bubur pisang, karena pisang mengandung vitamin A, fosfor, asam folat dan kasium.

Menu Mpasi Terbaik Untuk Si Kecil

·         Kacang hijau
Kacang hijau merupakan menjadi salah satu menu mpasi yang di rekomendasikan, karena kacang hijau bisa diolah menjadi bubur kacang yang di haluskan dan mendapatkan tekstur yang lembut agar mempermudah bayi dalam menelannya. Kandungan kacang hijau ini kaya akan protein, dan serat dapat meningkatkan metabolisme tubuh bayi.

·         Kacang merah
Kacang merah bisa juga di buat bubur yang lembut untuk bayi. Mengolah bubur kacang merah jangan lupa untuk menambahkan asi agar membuat nafsu makanan bayi meningkat.

·         Bubur beras
Bubur beras juga menjadi salah satu menu mpasi yang sangat sering di gunakan saat awal mula dalam memberikan mpasi. Bubur beras ini juga di buat selembut mungkin agar bayi mudah menelan.

·         Daging sapi atau daging ayam
Daging sapi dan ayam selain sebagai sumber protein yang tinggi juga dapat menjadi salah satu menu mpasi rekomended untuk para ibu-ibu muda, kukus dan belender daging sapi dan ayam agar mendapatkan bubur yang lembut untuk bayi. Kenapa daging sapi dan ayam menjadi recomendasi menu mpasi karena kadungan danging-dagingan ini ada zat besi dan vitamin B12 yang hanya ada di dalam hewani.

·         Ubi jalar
Menu mpasi yang sangat baik di berikan untuk bayi ia lah ubi jalar karena kandungan nutrisi di dalam ubi jalar ini sangat lah banyak seperti kalsium, zat besi, vitamin A, E, dan C untuk  membantu proses pertumbuhan pada bayi.
Ubi jalar bukan hanya di rebus saja namun harus di oleh menjadi bubur yang lembut untuk bayi.


·         Papaya
Buah papaya sama dengan buah-buah lain nya yang di recomendasikan menjadi menu mpasi, karena papaya banyak sekali mengandung enzim papain yang bagus sekali untuk melancarkan pencernaan. Bukan hanya terdapaat enzim papain, papaya juga terdapat nutrisi lain nya seperti zat besi dan asam folat yang bagus sekali dalam proses perkembangan otak. Selain itu di dalam buah papaya juga ada mengandung kalsium dan zink untuk menjaga kesehatan tulang.

Saat membuatkan bubur untuk bayi jangan lupa selalu memasukkan asi didalam bubur tersebut karena kandungan asi sangat bagus sekali untuk bayi. Dan inilah beberapa menu mpasi yang dapat ibu-ibu muda coba semoga bermanfaat


Mie instan memang tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh jika terlalu sering dikonsumsi. Hal ini karena kandungan MSG pada bumbu mie serta adanya lapisan lilin yang menyelimuti mie itu sendiri. Tapi dengan sedikit kreativitas kamu bisa lho membuat olahan mie instan yang gak cuma enak tapi juga sarat gizi dan vitamin yang penting untuk tubuhmu.
Bahkan mengurangi atau menghilangkan bumbu dari mie instan tidak mengurangi kelezatan dari sajian ini. Penasaran gimana caranya? Yuk simak artik ini selengkapnya!

1. Mie instan salad sayuran

mie salad sayur
Walaupun olahan mie yang satu ini masih terdengar asing, tapi manfaat yang didapat baik bagi kesehatan tubuhmu. Kandungan yang terdapat di dalam daun selada bisa membantumu menjaga berat badan dan mengatasi sembelit. Wortel yang mengandung vitamin A juga baik bagi kesehatan mata. Belum lagi tomat dan paprika yang kaya akan kandungan vitamin A dan C.
Langkah membuatnya :
  • Cuci bersih daun selada, tomat, wortel, mentimun, dan paprika
  • Semua bahan dipotong dadu kecil-kecil atau diiris tipis
  • Didihkan air, dan masak mie instan goreng seperti biasanya
  • Mie ditiriskan dan dicampur bumbu (kamu bisa mengurangi kadar bumbu yang dipakai)
  • Kemudian masukkan irisan sayur mayur ke dalam mie dan aduk rata
Kamu juga bisa menambahkan segelas jus buah sebagai pelengkap dalam menyantap sajian ini. Mau hidup sehat gak harus mahal kok!

2. Burger mie

vegan mie burger
Selain terlihat enak, kudapan yang satu ini juga penuh nilai gizi. Kamu bisa mengganti daging yang terdapat di burger mie dengan daging vege yang berbahan dasar jamur. Selain sama enaknya, tentu daging vege ini punya kandungan gizi yang lebih banyak. Kamu yang bukan vegetarian pun pasti akan suka dengan tekstur dan rasa daging yang gak jauh beda dengan daging sapi. Berikut langkah-langkah membuat burger mie:
  • Rebus mie instan, tiriskan dan jangan lupa bilas dengan air matang
  • Campur mie dengan telur, daun bawang, garam secukupnya (kamu tidak perlu menggunakan bumbu mie instan)
  • Setelah diaduk rata kemudian masukkan ke dalam teflon kecil yang berdiameter 8cm yang sudah diolesi margarin (kalau kamu gak punya teflon kecil, kamu bisa menggunakan ring cutter)
  • Susun dengan urutan mie paling bawah, daun selada, tomat, timun, saos tomat / cabai, daging vege, kemudian burger bun mie lagi di lapisan paling atas.
Siapa bilang burger itu junkfood kaya lemak?

3. Mie kangkung

Mie kangkung sehat
Walaupun agak sedikit ribet untuk membuat mie kangkung, tapi yakin deh kalau makanan ini sehat bagi tubuhmu. Kandungan gizi dari beragam sayuran yang terdapat di sajian lezat ini juga penting bagi tumbuh kembangmu. Lihat saja kandungan vitamin A yang terdapat pada kangkung, belum lagi zat besi, kadar serat, serta kandungan fosfornya. Ditambah lagi Tahu yang kaya akan protein. Untuk membuat makanan lezat kaya gizi ini kamu harus menyiapkan bumbu halus serta bahan lainnya. Berikut penjabarannya
Bahan :
  • 4 bungkus mie instan, rebus dan tiriskan (bumbu mie instan tidak terpakai)
  • Cuci bersih 250 gr kangkung, siram air panas, kemudian tiriskan
  • Cuci 150 gr udang, cuci bersih dan buang kulit serta kepalanya
  • 1 sdm tepung beras
  • 5 buah tahu putih ukuran sedang, goreng jangan terlalu matang, kemudian dipotong dadu
  • Bawang goreng
Bumbu halus :
  • 1 sdm garam
  • 1 cm kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar sangria
  • 4 butir kemiri
Bumbu lain :
  • 1 sdm petis udang
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
Cara membuatnya :
  1. Panaskan minyak pada loyang, tumis bumbu lainnya (kecuali bawang putih goreng dan petis) dan bumbu yang dihaluskan hingga wangi
  2. Tumis bawang putih goreng dan udang hingga udang berubah warna
  3. Kemudian masukkan air yang sudah dicampur tepung beras, petis, masak hingga kuah memekat, jangan lupa kecilkan api
  4. Langkah terakhir, susun mie, tahu goreng, dan kangkung di dalam mangkuk. Lalu siram susunan tersebut dengan kuah udang dan terakhir taburi dengan bawang goreng.

4. Pecel mie

pecel mie
Sudah bukan rahasia lagi kalo pecel itu sangat menyehatkan. Tentu saja karena berbagai sayur mayur yang terdapat di dalamnya. Jika kandungan sayurnya beragam tentu kandungan gizi dan vitaminnya juga sangat beraneka. Tengok saja vit A serta zat besi yang terdapat di kangkung, atau vit A, B kompleks, C, dan E yang terkandung di kecambah. Manfaat kacang panjang yang bisa mencegah diabetes, osteoporosis, serta sumber antioksidan ini benar-benar bermanfaat bagi tubuhmu. Berikut cara membuat pecel mie yang sangat menyehatkan untuk tubuhmu:
  • Rebus kangkung, kecambah, irisan kol, dan kacang panjang, kemudian tiriskan
  • Rebus satu bungkus mie instan (bumbu mie instan tidak dibutuhkan)
  • Rebus juga satu butir telur
  • Susun mie, kangkung, kecambah, kol, dan kacang panjang di atas piring
  • Tambahkan sebutir telur rebus kemudian siram semuanya dengan sambal pecel

 5. Martabak sayur mie

Sebenarnya sajian ini hampir mirip dengan pizza mie, yang menjadi pembeda adalah ragam sayuran yang ada di dalamnya. Sayuran yang bisa kamu pakai untuk membuat martabak sayur mie ada wortel, daun bawang, serta kobis. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel tentu bisa membantu matamu tetap segar saat harus berada di depan layar laptop seharian. Kamu juga bisa menemukan kandungan vit C yang cukup tinggi di dalam kol. Nih, simak cara membuat martabak sayur dari Hipwee
  • Campurkan 2 sdm minyak goreng, 1 butir telur, garam, tepung, dan air. Aduk rata kemudian dadar tipis-tipis kulit martabak di atas loyang
  • Rebus 1-2 bungkus mie instan kemudian tiriskan (bumbu mie instan tidak terpakai)
  • Untuk isian : Kocok 4 butir telur, lalu masukkan irisan tipis wortel, kobis, bubuk kari, bawang prei, serta mie, dan bubuk kari
  • Ambil selembar kulit martabak, isi dengan isian, lipat dan goreng sampai kecokelatan
Kamu juga bisa menikmatinya dengan cara ditambah acar, cabe rawit, atau dicocol dengan saus sambal. Selamat menikmati!

6. Kroket mie

kroket mie
Kamu bisa membuat kroket mie sebagai camilan untuk orang rumah. Selain enak, kudapan ini juga bergizi karena mengandung beberapa jenis sayuran yang kaya vitamin serta kaya serat untuk proses pencernaanmu. Walaupun bumbu yang dibutuhkan agak banyak, namun semuanya terbayar lunas ketika kamu menikmati kudapan satu ini.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 150 ml susu cair
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2-3 bungkus mie instan (bumbu tidak terpakai)
  • 1 sdm minyak sayur
  • 3 butir bawang merah (dicincang halus)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 4 buah buncis diiris halus
  • 50 g wortel, potong kecil-kecil
  • 100 g daging sapi dicincang halus
  • 1 butir telur ayam, dikocok hingga berbuih
  • 100 g tepung panir putih kasar
Cara membuatnya :
  • Tumis bawang putih dan merah hingga harum dan layu
  • Masukkan buncis, wortel, dan daging sapi
  • Taburi tepung terigu, aduk hingga merata
  • Tuangkan susu, aduk dan didihkan
  • Masukkan garam, merica, pala dan mie
  • Kemudian ambil adonan mie dan bentuk bulat lonjong
  • Setelah itu celupkan ke dalam telur dan lumuri dengan tepung panir hingga rata
  • Goreng ke dalam minyak dan angkat jika sudah menguning
Kamu bisa juga menikmati kudapan enak ini dengan dicocol sambal. Selamat makan!

7. Skotel mie sayuran

skotel mie sayuran
Jika tampilan skotel mie ini mirip dengan martabak mie, tapi sebenernya rasanya sangat berbeda. Cara mengolahnya saja sangat berbeda. Jika martabak mie perlu digoreng, kamu harus memanggang atau mengoven olahan mie yang satu ini. Sayuran seperti wortel dan sawi yang terdapat di dalamnya juga sangat menyehatkan, apalagi olahan mie yang satu ini juga tidak perlu menggunakan bumbu mie yang kaya MSG.
Langkah- langkah membuatnya :
  • Tumis satu buah bawang Bombay cincang dan ½ daun bawang hingga harum, masukkan ½ batang wortel serut, ½ ikat sawi cacah, dan 300 gr daging ayam rebus
  • Beri sedikir air, 1 sdt garam, dan ½ sdt lada
  • Kemudian masukkan 1-2 bungkus mie instan (tanpa bumbu), aduk hingga rata
  • Kocok 1 buah telur dan masukkan ke dalam adonan mie
  • Masukkan kedalam oven kira-kira 20 menit dengan suhu 170 derajat celcius dengan menggunakan api bawah.
  • Angkat, potong, dan sajikan
Kamu juga bisa menambah parutan keju di atas skotel buatanmu.

8. Mie sayur kuah susu

mie sayur kuah susu
Bagi anak kos, mie kuah susu merupakan hidangan sederhana yang mudah untuk dibuat. Jika kamu cuma mengganti kuah air dengan kuah susu, kenapa kamu tidak sekalian menambahkan potongan kecil wortel dan irisan mentimun sebagai pelengkap? Walaupun terlihat sederhana, tetapi vitamin A yang terkandung di dalam wortel dan irisan mentimun yang rendah lemak jenuh bisa mengimbangi asupan bumbu mie instant yang agak kurang menyehatkan tubuh.
Cara membuatnya :
  • Goreng telur orak arik di dalam teflon, sisihkan
  • Rebus mie instan, angkat, sisihkan. Jangan lupa juga untuk membilas mie dengan air matang
  • Kemudian rebus susu, masukkan mie, bumbu, beserta potongan wortel dan kobis, angkat kemudian tiriskan
  • Tuangkan mie ke dalam mangkok, susun telur dan irisan mentimun di atasnya

Jadi, yang mana olahan mie instan sehat favoritmu ?



Kamu yang mahasiswa atau masih tinggal di kost mungkin punya masalah yang sama, kamu peduli dengan kesehatan dan ingin makananmu sehat, makanan sehat itu gak murah. Menurut penelitian dari Universitas Cambridge yang terbit di jurnal Plos One, harga makanan sehat seperti buah dan sayur mayur semakin meningkat hingga melebihi harga makanan tinggi lemak dan gula seperti junk food dan makanan instan. Lho, jadi gimana? Apa kamu harus kaya dulu supaya bisa sehat?
kali ini 6 Tips Murah Untuk Hidup Sehauntuk kamu semua.
1. Dapatkan harga buah & sayur yang terjangkau dari petani lokal
Dukung petani lokal
Laporan dari jurnal di atas emang mengabarkan kalau tren harga buah dan sayur mayur semakin meningkat, tapi itu bisa kamu akali kok. Dengan membeli buah dan sayur produksi lokal kamu bisa mendapat harga yang kompetitif. Lagian gak malu apa, beli sayur doang harus dari negara sebelah?
Untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari, kamu gak hanya wajib mengonsumsi karbohidrat, protein dan lemak, tapi juga harus mengkonsumsi vitamin, kalium, serat, zat besi, kalsium serta mineral lainnya. Semua ini bisa kamu temukan pada sayur-mayur dan buah-buahan.
Jika sebelumnya kamu mulai mengisi piring dengan nasi terlebih dahulu, kini mulailah mengambil sayur duluan, hingga piringmu hampir penuh. Selain lebih hemat cara ini juga lebih sehat. Sayuran bergizi yang cenderung selalu murah di pasar tradisional di antaranya: kembang kol, kubis, wortel, kangkung, bayam, serta kentang. Sementara buah-buahan yang harga rata-ratanya lumayan rendah termasuk semangka, pisang, jeruk, dan mangga (yang terakhir tergantung musim). Ingat ya, beli dari petani dalam negeri!

2. Selain beras, aneka biji gandum utuh lainnya juga harus kamu setok

Investasi ke gandum
Nasi emang nikmat, tapi kamu jangan lupa bahwa masih banyak jenis gandum utuh yang jauh lebih sehat dari pada beras. Pelan-pelan kamu bisa beralih dari beras ke aneka gandum utuh yang jauh lebih sehat, seperti oats, barley dan buckwheat. Biji tersebut lebih rendah karbohidrat dan kaya akan serat, yang lebih mudah dicerna dan bikin kamu lebih cepat kenyang. Jika butuh variasi, kamu bisa mengganti konsumsi gandum utuh kamu dengan aneka pasta.
Agar bisa hemat, beli biji-biji gandum tersebut secara grosir dalam karungan. Karena beli dalam bentuk kotak akan membuat harga pangan itu jauh lebih mahal.

3. Alih-alih menyantap daging merah, dapatkan asupan protein dari telur dan ayam

Protein murah
Daging merah memang mengandung asupan protein yang tinggi. Namun jika kamu sedang on budget, pilihan paling bijak untuk memenuhi kebutuhan protein adalah telur dan daging ayam. Harga daging ayam jauh lebih murah daripada daging sapi. Enaknya lagi, daging ayam bisa jadi makin murah kalau kamu membelinya utuh. Jadi alih-alih membayar lebih untuk beli paha atau dadanya aja, coba pertimbangkan untuk beli ayam potong utuh.
Telur juga merupakan sumber protein yang murah. Tiap butir telur mengandung 7 gram protein dan separuhnya terdapat pada kuningnya, kamu mungkin gak mau buru-buru membuang bagian kaya akan protein dan vitamin A,D, dan E tersebut. Selain dari daging dan telur ayam, protein murah bisa kamu dapatkan dari ikan tuna dan makarel.

4. Berhenti membeli soda, teh, jus dan minuman kemasan lainnya

Kalau bosan dengan rasa tawar, coba infused water
Kandungan gula yang tinggi di dalam minuman kemasan seperti soda adalah penyebab penimbunan lemak di perut kamu. Selain itu, soda juga dikenal memiliki kalori ‘kosong’ — alias kalori yang gak bisa dibakar untuk menghasilkan energi. Harga soda emang gak mahal-mahal amat, tapi kalau kamu bisa berhenti membelinya tiap hari, bayangkan saja berapa banyak uang yang bisa kamu hemat. Kembalilah ke kebiasaan lama yang jauh lebih sehat: minum air putih.

 5. Masak sendiri makananmu, jangan jajan di luar melulu

Masak, masak sendiri
Memasak makanan sendiri memberi kamu kontrol penuh terhadap asupan gizi yang masuk ke tubuhmu. Dengan masak sendiri kamu bisa tahu bahwa makanan tersebut lebih sehat. Kamu pun tahu berapa Rupiah sebenarnya yang kamu habiskan untuk makanan tersebut. Agar makin hemat, bawa hasil makananmu sebagai bekal ke sekolah, kampus, atau tempat kerja.
Hindari juga pergi meninggalkan rumah dengan perut kosong, karena perasaan lapar akan mempengaruhi otakmu untuk belanja secara impulsif. Kalau ini terjadi, pada akhirnya kamu malah membeli makanan yang gak kamu perlukan.

6. Makan secukupnya tanpa meninggalkan sisa

Ingat pesan orang tua: “Jangan bikin makanan mubazir”. Buang kebiasaan membeli makanan yang sebenarnya gak kamu butuhkan. Justru makanan yang menggoda seperti junk food dan aneka kue warna-warni belum tentu baik bagi kesehatanmu.  Sebelum mengambil makanan, pikirkan berapa banyak yang kamu butuhkan. Jangan lupa tanyakan diri: apakah kamu bisa menghabiskan semua makanan ini?
Itu semua bertujuan agar kamu gak menyisakan makanan. Menyisakan makanan sama aja dengan membuang uang. Jika karena suatu alasan yang kuat kamu gak bisa menghabiskan makananmu, jangan ragu-ragu untuk menyimpannya agar bisa dimasak dan disantap nanti. Asal, pastikan kondisinya masih bagus dan bisa dimakan, ya.

Kesehatan memang mahal. Namun kalau kamu teliti dan konsisten mengubah cara belanja dan makan, bukan gak mungkin kamu bisa hidup sehat dengan hemat!

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.