Articles by "Makanan"

aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman
Showing posts with label Makanan. Show all posts


Berikut Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang sangat riskan terpapar sinar matahari maupun polusi udara di sekitarnya. Melapisi kulit dengan menggunakan sun cream maupun dengan menggunakan sunblock belum tentu dapat memberi efek yang maksimal pada kulit kita.

Ketika kulit kita terpapar sinar matahari, jumlah antioksidan dalam darah akan berkurang. Meurut spesialis kulit di Glow Skin Beauty, UK, Amanda Von Dem Hagen menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur tertentu sangat bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari.

"Ada banyak sekali komponen makanan yang bisa dikonsumsi dan membawa efek perlindungan yang juga berbeda-beda. Sebagian besar mengandung antioksidan, yaitu senyawa anti-penuaan yang ada di dalam makanan yang akan memerangi kerusakan kulit dengan cara yang berbeda, salah satunya adalah karotenoid," jelasnya.

Karotenoid adalah antioksidan yang dapat memberi pigmen berwarna oranye dan merah pada buah dan sayuran yang juga dikenal dengan nama lycopene, lutein, dan beta karoten. Beberapa contoh makanan buah atau sayur yang mengandung karotenoid antara lain adalah, anggur merah, beri, wortel, tomat, dan bayam.

"Buah dan sayur tersebut juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan, kerusakan kulit akibat sinar matahari dan mencegah peradangan dan penyakit arteri lainnya," ujar Amanda.

Berikut 5 makanan dan manfaatnya bagi kesehatan kulit tubuh:


1.      Delima
Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat sebagai anti-inflamasi pada kulit. Para ilmuwan menemukan, bahwa nutrisi dalam buah delima dapat mengurangi radiasi UVB yang bisa menyebabkan kerusakan seperti kanker dalam sel-sel kulit. Selain itu, minyak biji delima juga berfungsi sebagai pelindung dari kanker kulit yang disebabkan oleh asam ellagic. Menurut para ahli, kandungan antioksidan polifenol dalam jumlah besar yang ada pada delima dapat menghambat pertumbuhan tumor kulit.

2.     Ceri
Ceri Tart Montmonrency merupakan sumber antioksidan melatonin yang terbaik. Melatonin ini dapat melindungi kulit dari radiasi ultraviolet. Para peneliti menjelaskan, melatonin ini dapat membantu memperbaiki kulit yang terbakar dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Selain itu, ceri juga menjadi sumber vitamin C yang bagus dan dibutuhkan untuk membentuk kolagen pda kulit.

3.     Tomat
Tomat merupakan makanan yang penuh akan antioksidan yang disebut dengan likopen. Likopen sendiri sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar Ultra Violet (UV). Zat ini memberikan warna pada tomat dan dapat menetralkan molekul berbahaya pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari. Hal ini dapat merusak struktur kulit dan DNA yang bisa menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Selain itu, tomat juga bisa menjadi anti-inflamasi yang dapat meredakan kemerahan akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

4.     Wortel
Wortel memiliki vitamin A yang baik untuk mata. Tak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan beta-karoten yang bermanfaat sebagai tabir surya alami dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Selain kedua manfaat tersebut, wortel juga mengandung biotin, yaitu sejenis vitamin B yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku.

5.      Ubi jalar
Seperti pada wortel, ubi jalar juga mengandung antioksidan beta-karoten. Bedanya, antioksidan dalam ubi jalar berubah menjadi vitamin-A dalam tubuh yang menjaga kulit tetap halus, sehat.


Ternyata Palangkaraya Punya 7 Camilan Tang Enak Lho !

Kota Palangkaraya yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah ini sempat menjadi salah satu lokasi pilihan dari Ibu Kota baru. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota baru itu ke Kalimantan Timur.

Walaupun begitu, kota Palangkaraya tetap memiliki banyak sekali daya tarik. Misalnya dari wisata samapi dengan camilan khasnya.
Nah, kalian penasaran apa saja camilan khas dari kota Palangkaraya? Yuk simak artikel ini!

1.      Keripik Kalakai
Kalakai merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di Kota Palangkaraya. Daun dari tanaman ini biasa diolah menjadi keripik oleh masyarakat suku Dayak dengan campuran bumbu tepung. Disebut juga dengan pakis, kalakai memiliki segudang kandungan gizi seperti zat besi dan tinggi vitamin C serta beta karoten. Keripik kalakai merupakan camilan khas Dayak. Keripik ini juga banyak ditemukan di pusat oleh-oleh dan dibandrol dengan harga Rp 10.000 - Rp 20.000 per bungkusnya.

2.      Hintalu Karuang
Camilan ini memiliki bentuk seperti biji salak. Namun, bahan dasarnya adalah terbuat dari tepung ketan yang disajikan bersamaan dengan kuah campuran gula merah dan santan. Di Palangkaraya atau pun beberapa daerah lain di Kalimantan sangat sering mengonsumsi makanan ini saat bulan puasa untuk sajian berbuka atau pun saat ada acara-acara. Rasanya yang manis dengan tekstur kuah yang kental. Bulatan hintalu karuang dengan teksturnya kenyal saat digigit. Kamu wajib coba makanan yang satu ini!

3.      Kenta
Kue kenta ini menjadi makanan yang khas dari suku Dayak. Camilan yang berasal dari Palangkaraya ini terbuat dari ketan padi yang telah disangrai hingga kering dan ditumbuk hingga berbentuk pipih. Konon kabarnya, kenta ini sudah jadi camilan langka di Palangkaraya. Sebab proses pembuatannya yang cukup rumit, yakni membuatnya dilakukan minimal oleh 5 orang dan memakan waktu sampai satu hari penuh.
4.      Gagatas
Camilan ini juga sangat dikenal dengan nama gue getas. Terbuat dari beras ketan yang digoreng dengan lapisan gula merah tentu menambah cita rasa penikmatnya. Bentuk kue gagantas mirip sekali dengan kue gemblong.

5.      Ampal Jawau
Bosan dengan kue dengan berbahan dasar tepung? Ampal Jawau bisa jadi salah satu jawabannya karena kue ini berbahan dasar singkong rebus yang dicampur dengan parutan kelapa. Proses pembuatannya juga terbilang sederhana dan sangat mudah. Singkong direbus kemudian ditumbuk dan dicampur dengan parutan kelapa. Lalu dibentuk bulat dengan cara dikepal-kepal dan digoreng dengan diberi celupan tepung terlebih dulu.

6.      Wadai Baceper
Wadai Baceper ini biasa dinikmati ketika sore hari. Camilan dari Palangkaraya ini termasuk kue basah yang dibuat dengan bahan dasar santan dan tepung beras. Kue ini disebut juga dengan kue ceper. Wadai ceper adalah makanan khas yang banyak dijual selama bulan Ramadan.

7.      Lamang
Tak hanya di Sumatera saja, tetapi di Kota Palangkaraya juga memiliki Lamang sebagai camilan khasnya. Makanan ini juga terbuat dari beras ketan dan dibuat menggunakan bambu sehingga memiliki rasa yang lebih nikmat. Beras ketan dalam bambu yang dibakar dengan bara api ini memiliki rasa yang gurih. Hal ini juga dikarenakan campuran seperti garam dan juga kelapa di dalam nya.


Menu Mpasi Terbaik Untuk Si Kecil

Sebelum kita membahas apa saja menu mpasi yang bagus untuk bayi alangkah baik terlebih dahulu mengenal apa sih mpasi itu sendiri dan pada usia bayi berapakah mpasi diberikan. Agar kita nanti nya tidak mengalami kendala jika suatu saat nanti sudah memiliki bayi dan memberikan menu mpasi yang terbaik untuk si kecil.

Mpasi adalah singkatan dari makanan pendamping asi. Bayi diberikan mpasi tepat pada usia 6 bulan dan pada saat usia tersebut ibu boleh memberikan makanan, namun yang harus di ingat kembali bahwa makanan yang di berikan kepada bayi usia tersebut sangat lah berbeda dengan makanan pada orang dewasa umumnya.

Mpasi yang bagimana yang harus di berikan kepada si kecil. Mpasi yang terbaik nya ia lah dengan memberikan makanan si kecil yang di oleh dengan bahan yang alami dan sehat tentu nya tak lupa yang memasak untuk si kecil adalah ibunya sendiri.

Sebelum memberikan mpasi kepada bayi kita alangkah baiknya kita kenalkan terhadap makanan terlebih dahulu agar kita mengetahui apakah bayi kita menderita alergi makanan atau tidak.  Jadi sebelum mengolah menu mpasi kita dapat menghindari makanan tersebut.

Tapi para ibu-ibu baru di luar sana jangan khawatir karena kita akan membahas menu mpasi bagaimana kah yang baik untuk si kecil agar kandungan gizi mpasi yang di berikan mencukupi tubuh si kecil. Dan juga menu mpasi kali ini mudah di dapatkan di pasar tradisional dan modern agar menu mpasi ini bukan hanya untuk ibu-ibu yang memiliki keuangan yang lebih namun dapat juga untuk ibu-ibu yang memiliki keuangan cukup.

Berikut merupakan salah satu menu mpasi yang di rekomendasikan untuk ibu-ibu muda di luar sana.
·         Alpukat
Mengenalkan bayi dengan bubur alpukat karena alpukat mengandung vitamin A, C, kalsium, dan magnesium yang dimana nutrisi tersebut sangat baik untuk system kekebalan tubuh bayi dan juga dapat membantu meningkatkan motoric bayi.

·         Pisang
Menu mpasi selanjutnya ini adalah bubur pisang, karena pisang mengandung vitamin A, fosfor, asam folat dan kasium.

Menu Mpasi Terbaik Untuk Si Kecil

·         Kacang hijau
Kacang hijau merupakan menjadi salah satu menu mpasi yang di rekomendasikan, karena kacang hijau bisa diolah menjadi bubur kacang yang di haluskan dan mendapatkan tekstur yang lembut agar mempermudah bayi dalam menelannya. Kandungan kacang hijau ini kaya akan protein, dan serat dapat meningkatkan metabolisme tubuh bayi.

·         Kacang merah
Kacang merah bisa juga di buat bubur yang lembut untuk bayi. Mengolah bubur kacang merah jangan lupa untuk menambahkan asi agar membuat nafsu makanan bayi meningkat.

·         Bubur beras
Bubur beras juga menjadi salah satu menu mpasi yang sangat sering di gunakan saat awal mula dalam memberikan mpasi. Bubur beras ini juga di buat selembut mungkin agar bayi mudah menelan.

·         Daging sapi atau daging ayam
Daging sapi dan ayam selain sebagai sumber protein yang tinggi juga dapat menjadi salah satu menu mpasi rekomended untuk para ibu-ibu muda, kukus dan belender daging sapi dan ayam agar mendapatkan bubur yang lembut untuk bayi. Kenapa daging sapi dan ayam menjadi recomendasi menu mpasi karena kadungan danging-dagingan ini ada zat besi dan vitamin B12 yang hanya ada di dalam hewani.

·         Ubi jalar
Menu mpasi yang sangat baik di berikan untuk bayi ia lah ubi jalar karena kandungan nutrisi di dalam ubi jalar ini sangat lah banyak seperti kalsium, zat besi, vitamin A, E, dan C untuk  membantu proses pertumbuhan pada bayi.
Ubi jalar bukan hanya di rebus saja namun harus di oleh menjadi bubur yang lembut untuk bayi.


·         Papaya
Buah papaya sama dengan buah-buah lain nya yang di recomendasikan menjadi menu mpasi, karena papaya banyak sekali mengandung enzim papain yang bagus sekali untuk melancarkan pencernaan. Bukan hanya terdapaat enzim papain, papaya juga terdapat nutrisi lain nya seperti zat besi dan asam folat yang bagus sekali dalam proses perkembangan otak. Selain itu di dalam buah papaya juga ada mengandung kalsium dan zink untuk menjaga kesehatan tulang.

Saat membuatkan bubur untuk bayi jangan lupa selalu memasukkan asi didalam bubur tersebut karena kandungan asi sangat bagus sekali untuk bayi. Dan inilah beberapa menu mpasi yang dapat ibu-ibu muda coba semoga bermanfaat


Kebanyakan orang tidak suka yang namanya sayur. Karena sayur tidak enak bagi sebagian orang, padahal kenyataannya sayur merupakan cikal bakal nutrisi yang sangat banyak. tetapi jangan khawatir RajaTips memberikan solusi bagi kamu yang nggak doyan sayur, dijamin langsung bisa makan sayur tapi perlahan yaa!

1. Masukkan sayuran ke dalam menu makanan favoritmu. Sedikit-sedikit saja dulu, lama-lama juga terbiasa

Kalau kamu nggak suka makan sayuran dalam bentuk masakan tertentu seperti sayur bayam atau ca kangkung, siasati dengan cara menyertakan sayuran dalam menu makanan favoritmu. Misalnya, kamu suka banget sama spageti. Coba tambahkan irisan sawi, wortel, buncis, atau sayuran apapun yang kamu masih bisa memakannya. Nggak usah banyak-banyak, mulailah dengan sedikit porsi sayuran dulu. Kalau sudah terbiasa, mulailah untuk menyertakan sayuran ke dalam makanan apa pun dan menambahkan jumlahnya.

2. Kamu suka ngemil? Jadikan sayuran sebagai olahan menu camilan sehari-hari

Makan sayuran dalam bentuk lauk mungkin nggak begitu menggugah seleramu. Terlebih buatmu yang orangnya malas makan berat. Cobalah untuk memasukkan sayur sebagai menu camilan sehari-hari. Meski pada umumnya kamu lebih menyukai cokelat, cake dan es krim, nggak ada salahnya mencoba camilan yang sudah dicampuri sayuran. Misalnya, makan sandwich atau kebab yang diperbanyak sayurannya, bisa juga mengolah brokoli goreng tepung, atau ngemil keripik bayam.
Pastikan camilan dari sayuran ini lebih dulu berada dalam jangkauanmu dibandingkan camilan lainnya, ya!

3. Kombinasikan sayur dengan buah dalam bentuk jus, salad, atau smoothies agar rasanya lebih netral di lidah

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayuran adalah mengombinasikannya dengan buah dan mengubah bentuknya menjadi olahan seperti salad, jus, atau smoothies. Buat olahanmu sendiri dengan mencampur sayur dan buah favoritmu. Kalau belum terbiasa minum jus yang ditambah sayuran, campurkan jumlah sayurannya sedikit demi sedikit.
Usahakan nggak menggunakan tambahan gula yang berlebihan atau menggantinya dengan madu agar kandungan gizinya maksimal.

4. Mengolah sayuran menjadi makanan yang manis dengan cara memanggang atau membakarnya

Sayuran yang dipanggang menghasilkan rasa manis alami ketimbang dikukus atau dimakan mentah-mentah. Pilihlah yang teksturnya padat dan terasa juicy kalau dipanggang, seperti paprika, terung, tomat, jamur, jagung, zukini dan bawang bombay. Padukan dengan kentang, ubi dan wortel.
Caranya mudah, tusukkan beberapa jenis sayuran tadi seperti sate, bumbui dengan margarin, garam, dan merica lalu panggang di atas bara api hingga berwarna kecokelatan.

5. Beli sayuran organik dengan kualitas yang lebih bagus dan harga yang lebih mahal daripada sayuran biasanya

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Sensory Studies seperti yang dilansir detikFood menunjukkan bahwa manusia punya kecenderungan memersepsikan makanan mahal dengan rasa lebih enak.
Nah, cara ini juga bisa diterapkan untuk memicu keinginan makan sayuran. Sebagai awalan, cobalah membeli sayuran organik di supermarket dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada sayuran biasa yang dijual di pasar. Bukan nggak mungkin kalau kamu jadi lebih bersemangat menyantapnya lantaran tampilannya yang lebih bersih dan menarik.

6. Kelilingi dirimu dengan makanan sehat agar terbentuk kebiasaan untuk makan sayuran yang juga termasuk sumbernya kesehatan

Salah satu hasil penelitian dalam jurnal Appetite menyarankan agar orang yang nggak doyan sayur mengelilingi dirinya dengan makanan sehat.
Lingkungan berperan besar dalam membentuk pola makan harian. Contohnya, orang Jepang makan ikan mentah bukan berarti karena mereka suka, tapi karena sudah merupakan bagian dari keseharian. Coba deh, perbanyak stok dapur dengan makanan sehat seperti roti gandum atau yoghurt. Dengan cara ini, keinginan makan sayur diharapkan akan meningkat, bahkan jadi kebiasaan.

7. Pastikan kamu benar-benar lapar sebelum makan. Otomatis menu sayuran yang kamu sajikan bakal ludes juga

Saat nggak lapar, kamu cenderung akan pilih-pilih makanan yang sekiranya cocok di lidah atau sesuai dengan apa yang lagi diinginkan. Sebaliknya, ketika perut sedang benar-benar lapar, kamu akan menyantap apa pun yang ada di depan mata, termasuk semangkuk sayuran. Nah, gunakan cara ini untuk perlahan-lahan makan sayuran. Selalu sediakan olahan sayuran sebagai lauk, lalu makanlah ketika kamu sudah benar-benar lapar.

Selain cara-cara di atas, cobalah mengubah cara berpikirmu untuk lebih menyukai sayuran. Bebagai kandungan gizi yang ada dalam sayuran punya segudang manfaat buat kesehatan sebagai aset masa depanmu. Lupaka masa lalumu. Jika waktu kecil kamu nggak suka brokoli karena pahit, cobalah konsumsi sekarang, bisa jadi kamu menyukainya ketika sudah dewasa. Semoga bermanfaat, ya!



Lebaran tinggal menghitung hari, mungkin keluarga akan berkunjung kerumah. Tetapi tak lengkap rasanya kalau enggak ada kue kue di rumah. Selain untuk tamu kue bisa juga di jadikan cemilan saat lebaran.
Kali ini RajaTips memberi resep kue kering tanpa telur agar hemat dan rendah kalori juga, bagi kamu yang emang malas buat kue kering yang banyak, bisa pilih beberapa dari resep di bawah. Simak beberapa resepnya guys! 

1. Buat para penikmat keju, kue kering kastangel tanpa telur ini wajib banget kamu coba. Rasanya yang lezat dijamin bikin ketagihan!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 150 gr margarin
  • 100 gr butter
  • 400 gr tepung terigu, ayak
  • 30 gr susu bubuk, ayak
  • 1 sdm tepung maizena, ayak
  • 200 gr keju cheddar parut, bisa campur dengan keju edam, lebih ngeju
  • Secukupnya keju cheddar parut  dan keju parmesan untuk taburan
Cara membuat:
  • Parut keju, lalu oven sebentar 5 menit. sisihkan. Ini bertujuan agar keju lebih renyah dan kokoh. Langkah ini boleh dilewatkan kalau ingin lebih praktis
  • Mixer margarin dan butter hingga pucat, kurang lebih 2 menit dan tidak boleh lebih
  • Aduk adonan menggunakan spatula, adonan mentega, ayakan tepung  dan susu bubuk hingga rata. Lalu masukkan parutan keju yang sebelumnya sudah dipanggang tadi
  • Cetak adonan dengan ukuran yang sama
  • Susun di atas loyang yang telah dioles mentega dan ditaburi tepung. Taburi kue dengan keju parmesan
  • Oven hingga matang  warna agak kuning agak kecoklatan. Mudah ‘kan?

2. Kue sagu keju tanpa telur, emang bisa? Ya bisa dong~ Rasanya dijamin nikmat dan super renyah, meleleh di mulut

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 700 gr sagu yang sudah disangrai
  • 400 gr mentega
  • 200 gr gula halus
  • 4 sdm susu bubuk Dancow
  • 2 bungkus santan kara ukuran 65 ml
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 250 gr keju parut
  • 1/4 emplex
Cara membuat:
  • Kocok mentega dan gula bersama sama kurang lebih 10 menitan, lalu masukan santan
  • Tambahkan sagu, susu bubuk, vanili, dan emplex campur rata
  • Bentuk adonan sesuai selera dan panggang dengan suhu sekitar 170 derajat selama 20 menitan
  • Tiriskan dan tunggu dingin sebelum disimpan dalam toples.

3. Meski tanpa telur, sajian kue kering Chocohips Butter Cookies ini nggak kalah enak dengan sajian kue kering lainnya. Wajib coba!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 100 gr margarin
  • 100 gr butter
  • 100 gr choco chips
  • 65 gr gula halus
  • 250 gr tepung terigu protein rendah
  • 20 gram tepung beras
  • Biji wijen putih untuk taburan
Cara membuat:
  • Kocok margarin, mentega, dan gula halus hingga mengembang. Masukkan tepung terigu protein rendah dan tepung beras, aduk sampai rata
  • Tambahkan choco chips, aduk rata
  • Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat pipih. Berikan wijen putih sebagai taburan. Tempatkan pada loyang yang sudah dioles margarin. Tekan sedikit dengan punggung sendok
  • Panggang dengan suhu 160 derajat selama 15-20 menit hingga matang kecokelatan. Angkat dan dinginkan, kemudian simpan dalam wadah kering dan kedap udara.

4. Nggak akan ada yang bisa menolak nikmatnya kue klasik semprit. Bikin tanpa telur pun rasanya tetap endeus lho!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 175 gr butter
  • 75 gr gula bubuk
  • 1/2 sdt vanila ekstrak
  • 175 gr tepung terigu serba guna
  • 45 gr tepung maizena
Cara membuat:
  • Siapkan loyang datar untuk memanggang kue, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan
  • Siapkan mangkuk mixer, masukkan mentega dan gula bubuk kemudian kocok dengan speedsedang hingga pucat dan mengembang. Masukkan vanila ekstrak dan proses hingga semua bahan tercampur baik. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena bersamaan dengan cara diayak ke dalam adonan mentega, kemudian aduk dengan spatula hingga tercampur baik
  • Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 30 menit agar mengeras dan membuat kue tidak terlalu melebar saat dipanggang
  • Panaskan oven, set disuhu 165’C (api atas bawah).
  • Siapkan plastik segitiga yang biasa digunakan untuk menyemprot adonan kue atau anda juga bisa menggunakan kantong plastik transparan biasa, beri spuit ukuran paling besar dengan bentuk bintang/kembang di ujungnya. Masukkan adonan kue ke dalam pastik, kemudian gunting ujung plastik dan dorong spuit keluar plastik
  • Semprotkan adonan ke atas permukaan kertas baking dalam bentuk melingkar mulai dari titik di tengah kemudian melingkar keluar mengelilingi bagian tengah sehingga adonan menyerupai kelopak mawar. Lakukan hingga adonan habis.
  • Panggang adonan selama 20 menit di oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Jika permukaan kue terlihat telah mengeras dan bagian dasarnya mulai kecoklatan segera keluarkan dari oven dan biarkan dingin di rak kawat. Walau permukaan kue masih kekuningan sebenarnya kue telah matang dan kala dingin akan renyah dan garing. Jangan memanggangnya berlebihan.
  • Jika kue telah dingin masukkan ke wadah tertutup rapat dan siap disantap. Lezat~


Tak terasa sebentar lagi kita akan mendapati lebaran tahun ini. Hari demi hari di lewati selama ramadan, dan tak tetasa sudah hari ke 28. Banyak orang yang berfikir membuatkan sesuatu untuk tetangga atau keluarga saat lebaran menjelang, apakah itu kue, makanan, atau hanya membagi uang kepada keluarga.
Tetapi semenjak lebaran pasti dari kita ada yang pulang kampung untuk menjenguk orang tua dan kangen masakan orang tua. Ada kalanya kita tak bisa pulang kampung untuk menjenguk dan menyicipi masakan orang tua. RajaTips memberikan beberapa resep masakan ibu untuk kamu yang tidak bisa mudik tahun ini!

1. Lebaran nggak lengkap rasanya tanpa opor ayam. Daripada beli, mending masak sendiri dan ajak temanmu yang nggak mudik makan bareng

Keerinduan adalah hal yang pasti menyiksamu saat lebaran di perantauan. Mungkin kamu sudah berusaha menangkalnya dengan menelpon orang rumah. Tapi pasti akan ada saja yang kurang, apalagi kalau bukan rasa kesepian. Untuk mengatasi keduanya, menyantap resep opor ayam bareng teman senasib sepenanggungan adalah jawabannya.
Bahan-bahan:
  • 20 potong daging ayam (1 ekor)
  • Air jeruk nipis
  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1 ruas kencur
  • 1 ruas jahe
  • Lada
  • 2 lembar daun jeruk
  • Sereh di keprek 1 batang
  • Terasi (tergantung selera)
  • 1 butir kelapa parut
  • Gula pasir
  • Garam
Cara pembuatan:
  1. Cuci bersih potongan daging.
  2. Beri garam dan jeruk nipis. Biarkan sampai 5 menit, lalu cuci kembali.
  3. Goreng potongan ayam setengah matang.
  4. Bakar kemiri, kunyit, jahe dan terasi.
  5. Ulek hingga halus bawang merah, bawang putih dan tambahkan bumbu yang dibakar tadi. Sisihkan.
  6. Siapkan santan dari kelapa parut yang dicampur dengan 1 liter air.
  7. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercium aroma wangi sedap ke dalam wajan yang berisi sedikit minyak goreng.
  8. Masukkan santan dan ayam, aduk sebentar. Beri garam, gula pasir, daun jeruk dan sereh.
  9. Masak terus sampai air santannya sedikit menyusut. Angkat.
  10. Sajikan opor ayam dengan diberi taburan bawang merah goreng di atasnya.

2. Biar makin sedap, opor ayam akan semakin mantap disantap bareng ketupat. Hitung-hitung belajar, nggak ada salahnya ‘kan buat sendiri

Menyantap opor ayam tanpa ketupat bagaikan menikmati sayur sop tanpa nasi, kurang nikmat dan mengenyangkan. Nah sebagai pelengkap hidangan lebaran ada baiknya kalau kamu mencoba membuatnya sendiri, biar lebih mantap aja gitu
Bahan-bahan Ketupat:
  • 250 gram beras
  • 1/3 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 6 liter air
  • Kulit ketupat (bisa dibeli di pasar tradisional)
Cara pembuatan:
  1. Tambahkan garam pada beras yang sudah dicuci. Aduk rata.
  2. Masukan beras ke dalam kulit ketupat yang terbuat sebanyak 60% dari total volumenya.
  3. Masukan ketupat beras ke dalam panci presto. Tuang air lalu tambahkan daun pandan. Masak.
  4. Setelah muncul uap, segera tutup katup pada penutup panci dan ubah api menjadi api sedang, masak selama 1 jam. (jika tidak mempunyai panci presto bisa menggunakan panci biasa dan masak ketupat sampai 3 jam).
  5. Saat selesai, jangan langsung buka penutup panci. Biarkan terlebih dahulu hingga suhunya menurun, agar tidak meledak.
  6. Tiriskan ketupat, dan gantung ketupat agar benar-benar kering.

3. Jangan lupa bikin sambal goreng ati, biar kenikmatanmu semakin hakiki. Tenang, buatnya nggak sulit kok

Kehadiran sambal goreng ati bisa menambah kenikmatan lebaran. Rasa gurih dan pedasnya menggenapi ingatanmu tentang suasana rumah bareng keluarga.
Bahan-bahan:
  • 5 pasang ati ampela
  • Gula pasir
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 sdm minyak
  • 250ml air asam jawa
  • Kentang
  • Gula jawa
  • Garam dan gula
  • 10 buah cabai merah
  • 15 bawang merah
  • 1 bawang putih
  • 2 sdm minyak
  • Daun salam
  • Asam jawa secukupnya
Cara pembuatan:
  1. Tumis irisan bawang merah. Tambahkan ati ampela, asam jawa, dan gula. Aduk rata dan diamkan hingga ati ampela matang.
  2. Kupas kentang seecukupnya. Potong-potong membentuk dadu.
  3. Panaskan minyak dan goreng kentang hingga matang kecoklatan.
  4. Haluskan 10 buah cabai merah, 15 bawang merah, 1 bawang putih, 2 sdm minyak, daun salam dan asam jawa secukupnya
  5. Tumis bumbu yang telah halus sampai wangi. Tambahkan gula jawa dan daun salam, masak hingga gula mencair.
  6. Masukan ati ampela dan kentang. Aduk hingga bumbu meresap dan merata
  7. Tambahkan gula dan garam, aduk merata.
  8. Diamkan hingga kering di atas api kecil selama 5 menit. Angkat dan sajikan bersama dengan ketupat.

4. Masakan beratnya udah, sekarang giliran cemilannya. Nastar keju, salah satu cemilan Lebaran yang mudah cara pembuatannya

Lebaran juga identik dengan cemilan. Salah satu cemilan paling kondang adalah nastar. Mungkin kamu berpikiran kenapa nggak membeli saja sih? Memang sih lebi praktis membeli, cuma apa gregetnya. Justru ingatan tentang ibu yang membuat nastar sebelum ramadan menjadi menara ingatan yang mesti kamu ingat.
Bahan-Bahan:
  • 250 gram margarin
  • 2 butir kuning telur rebus
  • 3 butir kuning telur mentah
  • 600 gram tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram keju kraft
  • Selai nanas
Cara pembuatan:
  1. Campurkan tepung terigu dengan tepung maizena dan susu bubuk.
  2. Masukan kuning telur dengan margarin dan gula. Aduk hingga mereata.
  3. Tambahkan keju kraft. Aduk. (sisakan keju untuk topping)
  4. Setelah adonan kalis, bentuk sesuai selera. Kemudian isi dengan selai nanas.
  5. Masukan adonan ke dalam oven dengan api yang kecil.
  6. Setelah cukup padat, olesi nastar pakai kuning telur dan taburkan atasnya parutan keju. Lalu oven hingga matang.
  7. Angkat lalu tiriskan

5. Selain itu, cemilan kastengel juga patut kamu coba. Belajar bikin sendiri sekali-kali, siapa tahu enak kan bisa jadi bisnis

Cemilan lain yang patut kamu coba bikin lagi adalah kastengel. Cita rasa kastengel yang gurih, renyah dan nikmat cocok untuk menemani pagimu sembari meneguk teh hangat setelah salat Id.

Bahan-Bahan:
  • 1 butir kuning telur
  • 370 gram tepung terigu
  • 225 gram margarin
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan mentega
  • 40 gram gula halus
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 180 gram keju parut
  • ¼ sendok teh garam
  • Vanili bubuk
  • Keju parut secukupnya
Cara pembuatan:
  1. Kocok gula halus, mentega, margarin, vanili, garam, keju parut, dan kuning telur.
  2. Masukan tepung maizena, tepung terigu, dan susu bubuk. Aduk sampai adonan nggak lengket dan bisa dibentuk.
  3. Cetak adonan pada loyang diolesi margarin.
  4. Oleskan kuning telur dan taburkan parutan keju pada permukaannya.
  5. Masukkan adonan ke dalam oven panas. Tunggu sampai 20 menit atau kue berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan sajikan.

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.