Articles by "Cara"

aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman
Showing posts with label Cara. Show all posts


Mie instan memang tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh jika terlalu sering dikonsumsi. Hal ini karena kandungan MSG pada bumbu mie serta adanya lapisan lilin yang menyelimuti mie itu sendiri. Tapi dengan sedikit kreativitas kamu bisa lho membuat olahan mie instan yang gak cuma enak tapi juga sarat gizi dan vitamin yang penting untuk tubuhmu.
Bahkan mengurangi atau menghilangkan bumbu dari mie instan tidak mengurangi kelezatan dari sajian ini. Penasaran gimana caranya? Yuk simak artik ini selengkapnya!

1. Mie instan salad sayuran

mie salad sayur
Walaupun olahan mie yang satu ini masih terdengar asing, tapi manfaat yang didapat baik bagi kesehatan tubuhmu. Kandungan yang terdapat di dalam daun selada bisa membantumu menjaga berat badan dan mengatasi sembelit. Wortel yang mengandung vitamin A juga baik bagi kesehatan mata. Belum lagi tomat dan paprika yang kaya akan kandungan vitamin A dan C.
Langkah membuatnya :
  • Cuci bersih daun selada, tomat, wortel, mentimun, dan paprika
  • Semua bahan dipotong dadu kecil-kecil atau diiris tipis
  • Didihkan air, dan masak mie instan goreng seperti biasanya
  • Mie ditiriskan dan dicampur bumbu (kamu bisa mengurangi kadar bumbu yang dipakai)
  • Kemudian masukkan irisan sayur mayur ke dalam mie dan aduk rata
Kamu juga bisa menambahkan segelas jus buah sebagai pelengkap dalam menyantap sajian ini. Mau hidup sehat gak harus mahal kok!

2. Burger mie

vegan mie burger
Selain terlihat enak, kudapan yang satu ini juga penuh nilai gizi. Kamu bisa mengganti daging yang terdapat di burger mie dengan daging vege yang berbahan dasar jamur. Selain sama enaknya, tentu daging vege ini punya kandungan gizi yang lebih banyak. Kamu yang bukan vegetarian pun pasti akan suka dengan tekstur dan rasa daging yang gak jauh beda dengan daging sapi. Berikut langkah-langkah membuat burger mie:
  • Rebus mie instan, tiriskan dan jangan lupa bilas dengan air matang
  • Campur mie dengan telur, daun bawang, garam secukupnya (kamu tidak perlu menggunakan bumbu mie instan)
  • Setelah diaduk rata kemudian masukkan ke dalam teflon kecil yang berdiameter 8cm yang sudah diolesi margarin (kalau kamu gak punya teflon kecil, kamu bisa menggunakan ring cutter)
  • Susun dengan urutan mie paling bawah, daun selada, tomat, timun, saos tomat / cabai, daging vege, kemudian burger bun mie lagi di lapisan paling atas.
Siapa bilang burger itu junkfood kaya lemak?

3. Mie kangkung

Mie kangkung sehat
Walaupun agak sedikit ribet untuk membuat mie kangkung, tapi yakin deh kalau makanan ini sehat bagi tubuhmu. Kandungan gizi dari beragam sayuran yang terdapat di sajian lezat ini juga penting bagi tumbuh kembangmu. Lihat saja kandungan vitamin A yang terdapat pada kangkung, belum lagi zat besi, kadar serat, serta kandungan fosfornya. Ditambah lagi Tahu yang kaya akan protein. Untuk membuat makanan lezat kaya gizi ini kamu harus menyiapkan bumbu halus serta bahan lainnya. Berikut penjabarannya
Bahan :
  • 4 bungkus mie instan, rebus dan tiriskan (bumbu mie instan tidak terpakai)
  • Cuci bersih 250 gr kangkung, siram air panas, kemudian tiriskan
  • Cuci 150 gr udang, cuci bersih dan buang kulit serta kepalanya
  • 1 sdm tepung beras
  • 5 buah tahu putih ukuran sedang, goreng jangan terlalu matang, kemudian dipotong dadu
  • Bawang goreng
Bumbu halus :
  • 1 sdm garam
  • 1 cm kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm ketumbar sangria
  • 4 butir kemiri
Bumbu lain :
  • 1 sdm petis udang
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
Cara membuatnya :
  1. Panaskan minyak pada loyang, tumis bumbu lainnya (kecuali bawang putih goreng dan petis) dan bumbu yang dihaluskan hingga wangi
  2. Tumis bawang putih goreng dan udang hingga udang berubah warna
  3. Kemudian masukkan air yang sudah dicampur tepung beras, petis, masak hingga kuah memekat, jangan lupa kecilkan api
  4. Langkah terakhir, susun mie, tahu goreng, dan kangkung di dalam mangkuk. Lalu siram susunan tersebut dengan kuah udang dan terakhir taburi dengan bawang goreng.

4. Pecel mie

pecel mie
Sudah bukan rahasia lagi kalo pecel itu sangat menyehatkan. Tentu saja karena berbagai sayur mayur yang terdapat di dalamnya. Jika kandungan sayurnya beragam tentu kandungan gizi dan vitaminnya juga sangat beraneka. Tengok saja vit A serta zat besi yang terdapat di kangkung, atau vit A, B kompleks, C, dan E yang terkandung di kecambah. Manfaat kacang panjang yang bisa mencegah diabetes, osteoporosis, serta sumber antioksidan ini benar-benar bermanfaat bagi tubuhmu. Berikut cara membuat pecel mie yang sangat menyehatkan untuk tubuhmu:
  • Rebus kangkung, kecambah, irisan kol, dan kacang panjang, kemudian tiriskan
  • Rebus satu bungkus mie instan (bumbu mie instan tidak dibutuhkan)
  • Rebus juga satu butir telur
  • Susun mie, kangkung, kecambah, kol, dan kacang panjang di atas piring
  • Tambahkan sebutir telur rebus kemudian siram semuanya dengan sambal pecel

 5. Martabak sayur mie

Sebenarnya sajian ini hampir mirip dengan pizza mie, yang menjadi pembeda adalah ragam sayuran yang ada di dalamnya. Sayuran yang bisa kamu pakai untuk membuat martabak sayur mie ada wortel, daun bawang, serta kobis. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel tentu bisa membantu matamu tetap segar saat harus berada di depan layar laptop seharian. Kamu juga bisa menemukan kandungan vit C yang cukup tinggi di dalam kol. Nih, simak cara membuat martabak sayur dari Hipwee
  • Campurkan 2 sdm minyak goreng, 1 butir telur, garam, tepung, dan air. Aduk rata kemudian dadar tipis-tipis kulit martabak di atas loyang
  • Rebus 1-2 bungkus mie instan kemudian tiriskan (bumbu mie instan tidak terpakai)
  • Untuk isian : Kocok 4 butir telur, lalu masukkan irisan tipis wortel, kobis, bubuk kari, bawang prei, serta mie, dan bubuk kari
  • Ambil selembar kulit martabak, isi dengan isian, lipat dan goreng sampai kecokelatan
Kamu juga bisa menikmatinya dengan cara ditambah acar, cabe rawit, atau dicocol dengan saus sambal. Selamat menikmati!

6. Kroket mie

kroket mie
Kamu bisa membuat kroket mie sebagai camilan untuk orang rumah. Selain enak, kudapan ini juga bergizi karena mengandung beberapa jenis sayuran yang kaya vitamin serta kaya serat untuk proses pencernaanmu. Walaupun bumbu yang dibutuhkan agak banyak, namun semuanya terbayar lunas ketika kamu menikmati kudapan satu ini.
Bahan yang kamu butuhkan :
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 150 ml susu cair
  • 1 sdm tepung terigu
  • 2-3 bungkus mie instan (bumbu tidak terpakai)
  • 1 sdm minyak sayur
  • 3 butir bawang merah (dicincang halus)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 4 buah buncis diiris halus
  • 50 g wortel, potong kecil-kecil
  • 100 g daging sapi dicincang halus
  • 1 butir telur ayam, dikocok hingga berbuih
  • 100 g tepung panir putih kasar
Cara membuatnya :
  • Tumis bawang putih dan merah hingga harum dan layu
  • Masukkan buncis, wortel, dan daging sapi
  • Taburi tepung terigu, aduk hingga merata
  • Tuangkan susu, aduk dan didihkan
  • Masukkan garam, merica, pala dan mie
  • Kemudian ambil adonan mie dan bentuk bulat lonjong
  • Setelah itu celupkan ke dalam telur dan lumuri dengan tepung panir hingga rata
  • Goreng ke dalam minyak dan angkat jika sudah menguning
Kamu bisa juga menikmati kudapan enak ini dengan dicocol sambal. Selamat makan!

7. Skotel mie sayuran

skotel mie sayuran
Jika tampilan skotel mie ini mirip dengan martabak mie, tapi sebenernya rasanya sangat berbeda. Cara mengolahnya saja sangat berbeda. Jika martabak mie perlu digoreng, kamu harus memanggang atau mengoven olahan mie yang satu ini. Sayuran seperti wortel dan sawi yang terdapat di dalamnya juga sangat menyehatkan, apalagi olahan mie yang satu ini juga tidak perlu menggunakan bumbu mie yang kaya MSG.
Langkah- langkah membuatnya :
  • Tumis satu buah bawang Bombay cincang dan ½ daun bawang hingga harum, masukkan ½ batang wortel serut, ½ ikat sawi cacah, dan 300 gr daging ayam rebus
  • Beri sedikir air, 1 sdt garam, dan ½ sdt lada
  • Kemudian masukkan 1-2 bungkus mie instan (tanpa bumbu), aduk hingga rata
  • Kocok 1 buah telur dan masukkan ke dalam adonan mie
  • Masukkan kedalam oven kira-kira 20 menit dengan suhu 170 derajat celcius dengan menggunakan api bawah.
  • Angkat, potong, dan sajikan
Kamu juga bisa menambah parutan keju di atas skotel buatanmu.

8. Mie sayur kuah susu

mie sayur kuah susu
Bagi anak kos, mie kuah susu merupakan hidangan sederhana yang mudah untuk dibuat. Jika kamu cuma mengganti kuah air dengan kuah susu, kenapa kamu tidak sekalian menambahkan potongan kecil wortel dan irisan mentimun sebagai pelengkap? Walaupun terlihat sederhana, tetapi vitamin A yang terkandung di dalam wortel dan irisan mentimun yang rendah lemak jenuh bisa mengimbangi asupan bumbu mie instant yang agak kurang menyehatkan tubuh.
Cara membuatnya :
  • Goreng telur orak arik di dalam teflon, sisihkan
  • Rebus mie instan, angkat, sisihkan. Jangan lupa juga untuk membilas mie dengan air matang
  • Kemudian rebus susu, masukkan mie, bumbu, beserta potongan wortel dan kobis, angkat kemudian tiriskan
  • Tuangkan mie ke dalam mangkok, susun telur dan irisan mentimun di atasnya

Jadi, yang mana olahan mie instan sehat favoritmu ?


Hidup terasa dua kali lebih susah buat cowok – cowok yang pemalu. Di acara sosial, dia bakal merasa nggak pandai bicara. Saat disuruh bos berpidato di depan umum, dia langsung mau ngacir pergi dari sana. Di kampus, mungkin dia dikenal sebagai cowok sombong cuma karena nggak bisa menyapa duluan. Dia pun susah dapat pacar.
Riset dari University of Wisconsin menunjukkan bahwa cowok pemalu ketinggalan jauh dari cowok yang percaya diri. Terutama dalam mendapatkan tawaran kerja, memulai rumah tangga, dan memiliki pasangan.
Bukankah ini tanda bahwa kamu sudah harus mulai mengubah sifat pemalumu? Ikuti petunjuk berikut ini supaya kamu nggak kebingungan!

1. Cari akar masalah penyebab rasa malu berlebihanmu


Apa yang kamu malukan?
Untuk mengatasi rasa malu, kamu harus kenalan dulu dengan penyebab malu berlebihanmu. Gak usah ragu-ragu untuk menerima kenyataan bahwa kamu pemalu. Bahkan manusia yang super gaul pun pasti pernah merasa malu di saat-saat tertentu.
Lalu apa yang membuat kamu malu?
  • Kamu memandang dirimu sendiri secara buruk. Ini sering terjadi ketika kamu menilai diri sendiri dengan pandangan negatif. Misalnya, “Aku terlalu gemuk makanya aku jelek”, yang merambat jadi “Karena aku jelek, aku gak bisa berbaur dan punya pacar”.
  • Kamu cemas berlebihan dengan perilakumu sendiri. Saat kamu terlalu fokus untuk melihat dirimu sendiri dan memonitor bagaimana kamu bertindak, secara perlahan kamu mulai menumbuhkan rasa khawatir yang berlebihan, “Gimana kalau aku salah? Apa jadinya kalau gagal?” Pada akhirnya rasa khawatir ini yang akan menang dan ujung-ujungnya kamu malah gak berbuat apapun.
  • Kamu dilabeli “pemalu” oleh orang lain. Dan kamu terima-terima aja dengan label itu. Kadang sewaktu kecil kita sering tersipu malu. Sayangnya, keluarga akan selalu memperlakukanmu sebagai anak pemalu, dan kamu tumbuh dengan label tersebut. Kamu pun mendalami peran kamu sebagai cowok pemalu hingga dewasa.
Karena para ahli sepakat mengatakan kalau gak ada manusia yang terlahir malu, gak ada yang namanya gen malu, tekanan dari lingkungan, perlakuan di rumah dan sekolah bisa jadi faktor yang menyebabkan kamu malu. Pengalaman dipuji dan dikritisi, bagaimana cara kamu mengatasi kekecewaan, dan pengalaman digencet semasa kecil bisa berkontribusi pada rasa malu berlebihan yang kamu alami ini.

2. Setelah menerima kenyataan bahwa kamu pemalu, bulatkanlah niat untuk memperbaikinya

Setelah kamu mengenali apa yang menyebabkan kamu malu, langkah selanjut ialah menerima dirimu sebagai orang yang pemalu. Penerimaan diri merupakan tantangan bagi cowok pemalu. Jadi sekarang terimalah dirimu sebagai orang pemalu, dan bulatkan niatmu untuk memperbaiki diri. Semakin sering kamu menyangkalnya, secara sadar maupun tidak, rasa malu ini akan makin melekat padamu. Katakan pada dirimu dengan lantang: “Ya, aku adalah cowok pemalu dan aku akan berubah!” 

3. Alihkan fokusmu keluar. Berhenti mengkhawatirkan dirimu sendiri

Perhatikan orang di lingkungan sosialmu
Kamu harus berhenti khawatir dengan dirimu sendiri. Sadarilah bahwa gak ada manusia yang sempurna. Sekarang alihkan fokusmu pada orang-orang di sekitarmu, alihkan perhatianmu pada lingkungan sosial tempat kamu berada. Ini akan menghindarkanmu selalu berpikir soal diri sendiri.
Jika kamu menghargai orang lain, maka dia akan menghargaimu kembali. Mengatasi rasa malu berlebih bukan berarti kamu tiba-tiba menjadi cowok super asik, namun kamu harus melupakan dirimu sendiri dan fokus pada orang yang kamu ajak bicara, fokus pada lingkunganmu. Lawan bicaramu pasti suka jika kamu menganggapnya sebagai lawan bicara yang baik. Jadi jangan ragu untuk bertanya, membicarakan sebuah topik, serta jangan lupa untuk memberi kesempatan pada orang lain bercerita juga.

4. Berikan gestur yang menggambarkanmu sebagai seorang cowok yang ramah, bukan pemalu

dqd
Bila kamu gak mau jadi cowok pemalu, berhentilah berperilaku seperti seorang pemalu. Jangan memandang sepatu, duduk sendirian, dan bersikap kaku. Karena orang pemalu sering disalahartikan oleh kenalan barunya sebagai sombong, gak ramah, penyendiri dan kesepian, rasa malu yang melanda bisa membuat kamu terlihat gak bisa dijadikan teman.
Dengan berdiri mantap, kepala tegak, dan lengan terbuka, otakmu akan berpikir untuk merasa pede, menguasai diri, dan mengurangi stres. Mulai sekarang, jadilah cowok yang lebih ramah. Banyak-banyakin tersenyum. Kamu akan lebih cenderung diajak berbicara ketika tersenyum. Bahkan senyum pada orang yang gak kamu kenal bisa berujung pada perkenalan.
Selain itu, memaksakan tersenyum pada saat yang menurutmu gak sesuai sesungguhnya membuat perasaanmu menjadi lebih baik. Ini karena adanya pelepasan hormon-hormon bahagia di dalam otak ketika kamu melebarkan senyum.

5. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Semua orang unikm
Semakin sering kamu membandingkan diri dengan orang lain, semakin sering kamu merasa gak bisa menyamai mereka. Semakin kamu gak nyaman dan tambah merasa malu.  Hentikan kebiasaanmu untuk membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Merendahkan dirimu gak ada manfaatnya, karena emang gak ada manusia yang sempurna. Kamu bukan satu-satunya orang yang punya masalah. Orang yang kamu anggap sempurna pun memiliki kekurangan.
Mulai sekarang, jangan melihat dirimu lebih rendah dari orang lain. Tanamkan pada benakkmu bahwa semua manusia sejajar, punya hak dan kewajiban yang sama. Daripada melihat dirimu serba kekurangan, cobalah anggap dirimu sebagai orang yang unik di lingkungan sosial yang unik.

6. Ketika kamu gelisah, tanyakan dirimu apakah kegelisahanmu itu perlu

Berani berbaur

Rasa malu merupakan salah satu tipe social anxiety. Bisa saja terjadi karena kegelisahanmu untuk menjadi sempurna, kegelisahanmu terhadap persepsi sempurna pada masyarakat dan kegelisahan terhadap diri sendiri. Kamu bisa mengusir rasa gelisah ini dengan cara mengatur pernapasan.
Ketika gelisahmu melanda, tarik napas seperti biasa, lalu keluarkan perlahan — lebih panjang dari tarikan masuk. Jadi misalkan dalam satu tarikan napas memakan waktu kurang dari sedetik, buang napasmu selama lebih dari sedetik. Teknik bernapas seperti ini membantu tubuh dan pikiranmu jadi tenang dalam sekejap. Jika kamu udah tenang, berarti kamu jauh lebih siap untuk berbaur.

7. ‘Hipnotis’ diri kamu untuk menjadi orang yang lebih percaya diri

Bayangkan dirimu versi pede
Rebahkanlah badan pada permukaan yang nyaman. Lalu bernapaslah dengan tenang dan pejamkan mata. Bayangkan kamu sedang melihat sebuah layar TV yang menunjukkan kamu berinteraksi dengan orang lain. Bisa dalam pesta, pertemuan keluarga atau reuni.
Bayangkan dirimu sangat tenang, santai, percaya diri, dan cukup supel untuk memulai percakapan. Kamu nyaman pada diri sendiri dan nyaman berada di dekat orang, dan gak ragu-ragu buat tersenyum.
Jika kamu udah mendapat bayangan seperti apa nyamannya dirimu, buka matamu dan refleksikan bayangan tadi ke dalam kehidupan nyata. Mempersiapkan diri dengan memberi sugesti ala hipnotisseperti ini akan meringankan langkahmu ketika benar-benar berada dalam situasi yang kamu bayangkan tadi.

8. Untuk berhenti menjadi cowok pemalu, kamu harus menjadi lebih tegas

Pede dan tegas
Karena terlalu sering memikirkan apa reaksi dan pandangan orang lain terhadap dirinya, cowok pemalu cenderung segan menyampaikan pendapatnya. Ini bukan berarti dia seorang pengecut, ya. Bisa jadi dia cowok kurang tegas karena selalu dikalahkan rasa malu berlebihannya.
Menjadi berani dan tegas bukan berarti kamu menantang semua orang dengan suara lantang. Ini lebih kepada berani mempertahankan pandanganmu, serta berani bicara mewakili dirimu sendiri. Ini juga berarti kamu gak malu-malu lagi buat minta tolong ketika kamu benar-benar butuh bantuan, berani berkata “Tidak” untuk hal yang gak kamu sukai, dan berani bersuara jika kamu disudutkan.
Rasa malu yang berlebihan tidak sama dengan sifat introvert. Orang introvert hanyalah mereka yang memilih lingkungan sosial yang sepi. Orang pemalu tidak bisa memilih. Ia terpaksa di lingkungan sepi karena terlalu takut atau cemas.
Jadi kalau kamu udah bisa membedakan pemalu dengan introvert, mulailah mengakui kalau kamu pemalu. 
Semoga tips di atas membantu kamu jangan lupa Baca : 6 Tips Murah Untuk Hidup Sehat



Kamu yang mahasiswa atau masih tinggal di kost mungkin punya masalah yang sama, kamu peduli dengan kesehatan dan ingin makananmu sehat, makanan sehat itu gak murah. Menurut penelitian dari Universitas Cambridge yang terbit di jurnal Plos One, harga makanan sehat seperti buah dan sayur mayur semakin meningkat hingga melebihi harga makanan tinggi lemak dan gula seperti junk food dan makanan instan. Lho, jadi gimana? Apa kamu harus kaya dulu supaya bisa sehat?
kali ini 6 Tips Murah Untuk Hidup Sehauntuk kamu semua.
1. Dapatkan harga buah & sayur yang terjangkau dari petani lokal
Dukung petani lokal
Laporan dari jurnal di atas emang mengabarkan kalau tren harga buah dan sayur mayur semakin meningkat, tapi itu bisa kamu akali kok. Dengan membeli buah dan sayur produksi lokal kamu bisa mendapat harga yang kompetitif. Lagian gak malu apa, beli sayur doang harus dari negara sebelah?
Untuk memenuhi asupan gizi sehari-hari, kamu gak hanya wajib mengonsumsi karbohidrat, protein dan lemak, tapi juga harus mengkonsumsi vitamin, kalium, serat, zat besi, kalsium serta mineral lainnya. Semua ini bisa kamu temukan pada sayur-mayur dan buah-buahan.
Jika sebelumnya kamu mulai mengisi piring dengan nasi terlebih dahulu, kini mulailah mengambil sayur duluan, hingga piringmu hampir penuh. Selain lebih hemat cara ini juga lebih sehat. Sayuran bergizi yang cenderung selalu murah di pasar tradisional di antaranya: kembang kol, kubis, wortel, kangkung, bayam, serta kentang. Sementara buah-buahan yang harga rata-ratanya lumayan rendah termasuk semangka, pisang, jeruk, dan mangga (yang terakhir tergantung musim). Ingat ya, beli dari petani dalam negeri!

2. Selain beras, aneka biji gandum utuh lainnya juga harus kamu setok

Investasi ke gandum
Nasi emang nikmat, tapi kamu jangan lupa bahwa masih banyak jenis gandum utuh yang jauh lebih sehat dari pada beras. Pelan-pelan kamu bisa beralih dari beras ke aneka gandum utuh yang jauh lebih sehat, seperti oats, barley dan buckwheat. Biji tersebut lebih rendah karbohidrat dan kaya akan serat, yang lebih mudah dicerna dan bikin kamu lebih cepat kenyang. Jika butuh variasi, kamu bisa mengganti konsumsi gandum utuh kamu dengan aneka pasta.
Agar bisa hemat, beli biji-biji gandum tersebut secara grosir dalam karungan. Karena beli dalam bentuk kotak akan membuat harga pangan itu jauh lebih mahal.

3. Alih-alih menyantap daging merah, dapatkan asupan protein dari telur dan ayam

Protein murah
Daging merah memang mengandung asupan protein yang tinggi. Namun jika kamu sedang on budget, pilihan paling bijak untuk memenuhi kebutuhan protein adalah telur dan daging ayam. Harga daging ayam jauh lebih murah daripada daging sapi. Enaknya lagi, daging ayam bisa jadi makin murah kalau kamu membelinya utuh. Jadi alih-alih membayar lebih untuk beli paha atau dadanya aja, coba pertimbangkan untuk beli ayam potong utuh.
Telur juga merupakan sumber protein yang murah. Tiap butir telur mengandung 7 gram protein dan separuhnya terdapat pada kuningnya, kamu mungkin gak mau buru-buru membuang bagian kaya akan protein dan vitamin A,D, dan E tersebut. Selain dari daging dan telur ayam, protein murah bisa kamu dapatkan dari ikan tuna dan makarel.

4. Berhenti membeli soda, teh, jus dan minuman kemasan lainnya

Kalau bosan dengan rasa tawar, coba infused water
Kandungan gula yang tinggi di dalam minuman kemasan seperti soda adalah penyebab penimbunan lemak di perut kamu. Selain itu, soda juga dikenal memiliki kalori ‘kosong’ — alias kalori yang gak bisa dibakar untuk menghasilkan energi. Harga soda emang gak mahal-mahal amat, tapi kalau kamu bisa berhenti membelinya tiap hari, bayangkan saja berapa banyak uang yang bisa kamu hemat. Kembalilah ke kebiasaan lama yang jauh lebih sehat: minum air putih.

 5. Masak sendiri makananmu, jangan jajan di luar melulu

Masak, masak sendiri
Memasak makanan sendiri memberi kamu kontrol penuh terhadap asupan gizi yang masuk ke tubuhmu. Dengan masak sendiri kamu bisa tahu bahwa makanan tersebut lebih sehat. Kamu pun tahu berapa Rupiah sebenarnya yang kamu habiskan untuk makanan tersebut. Agar makin hemat, bawa hasil makananmu sebagai bekal ke sekolah, kampus, atau tempat kerja.
Hindari juga pergi meninggalkan rumah dengan perut kosong, karena perasaan lapar akan mempengaruhi otakmu untuk belanja secara impulsif. Kalau ini terjadi, pada akhirnya kamu malah membeli makanan yang gak kamu perlukan.

6. Makan secukupnya tanpa meninggalkan sisa

Ingat pesan orang tua: “Jangan bikin makanan mubazir”. Buang kebiasaan membeli makanan yang sebenarnya gak kamu butuhkan. Justru makanan yang menggoda seperti junk food dan aneka kue warna-warni belum tentu baik bagi kesehatanmu.  Sebelum mengambil makanan, pikirkan berapa banyak yang kamu butuhkan. Jangan lupa tanyakan diri: apakah kamu bisa menghabiskan semua makanan ini?
Itu semua bertujuan agar kamu gak menyisakan makanan. Menyisakan makanan sama aja dengan membuang uang. Jika karena suatu alasan yang kuat kamu gak bisa menghabiskan makananmu, jangan ragu-ragu untuk menyimpannya agar bisa dimasak dan disantap nanti. Asal, pastikan kondisinya masih bagus dan bisa dimakan, ya.

Kesehatan memang mahal. Namun kalau kamu teliti dan konsisten mengubah cara belanja dan makan, bukan gak mungkin kamu bisa hidup sehat dengan hemat!


Seringkali terlihat sepele, jerawat bisa jadi salah satu jenis penyakit kulit muka yang paling menyebalkan. Selain terasa sakit, jerawat sudah pasti membuat kepercayaan dirimu menurun. Tak heran munculnya jerawat yang kadang tiba-tiba bisa membuatmu kesal, bad mood, bahkan enggan keluar rumah.
Nah, agar jerawat tak mengganggu aktivitasmu, Artikel ini sudah menyiapkan Cara Praktis Hilangkan Jerawat Dengan Jitu Langsung simak, yuk!

1. Kalahkan Jerawat dengan Pasta Aspirin

aspirin
Aspirin atau asam asetilsalisilat biasanya digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit, misalnya saat flu atau demam. Termasuk jenis anti-inflamasi atau obat-obatan yang mengurangi tanda-tanda dan gejala peradangan, penggunaan aspirin ternyata juga ampuh untuk membasmi jerawat.
Caranya, buat pasta aspirin dengan takaran 1 bagian aspirin dan 3 bagian air. Selanjutnya, gunakan cotton buds untuk mengoleskan pasta aspirin pada jerawat. Setelah sekitar 30 menit pasta akan mengeras bersamaan dengan jerawat yang mengering. Terakhir, gunakan tisu atau handuk basah untuk membersihkannya.

2. Zat Kaporit Juga Bisa Melawan Jerawat. Jadi, Sering-seringlah Berendam di Kolam Renang

berendam
Saat muncul jerawat di wajah, berendam di kolam renang bisa jadi solusi untuk menghalau jerawatmu lho. Pasalnya, salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kandungan minyak yang berlebih di wajah. Sementara, air kolam renang mengandung zat klorin atau kaporit yang bagus untuk mengeringkan kulit dan otomatis membantu mengatasi jerawatmu.
Namun, sebelum berendam sebaiknya gunakan pula pelembab untuk melindungi tubuh dan rambut. Pastikan juga kamu berenang di kolam yang kebersihan airnya terjaga dengan baik.

3. Gunakan Lidah Buaya Sebagai Masker

lidah buaya
Aloe Vera atau biasa disebut dengan tanaman lidah buaya ternyata punya 3 manfaat sekaligus bagi kulit wajah. Lendir pada daging buah tanaman ini terbukti bisa menghilangkan bercak-bercak kemerahan akibat jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membuat kulih wajah terasa lebih kenyal dan segar.

4. Pasta Gigi Tak Kalah Ampuh Membasmi Jerawatmu

pasta gigi
Biasa digunakan sehari-hari dan sudah pasti tersedia di kamar mandi rumahmu, pasta gigi ternyata tak hanya bisa digunakan untuk menggosok gigi. Pasta gigi yang mengandung silika ternyata ampuh mengusir jerawat. Bahkan, dalam waktu semalam, mengoleskan pasta gigi pada jerawat saat sebelum tidur bisa memperkecil ukuran jerawat dan membuatnya kering.
Namun perlu diingat, tidak semua jenis kulit bisa “kuat” dihajar dengan pasta gigi. Untuk kamu yang berkulit sensitif, cara satu ini sebaiknya dihindari. Atau jika tetap ingin menjajalnya, konsultasikan dulu dengan dokter kulitmu.

5. Atasi Jerawat dengan Masker yang Terbuat dari Campuran Madu dan Kayu Manis Bubuk

Madu adalah jenis antibiotik yang sifatnya alami. Selain bisa mengatasi jerawat, penggunaan madu sebagai masker wajah juga bermanfaat membersihkan wajah dari berbagai kotoran yang menempel.
Masker madu bisa dibuat dengan takaran 2 sendok madu yang dicampur dengan 1 sendok kayu manis bubuk. Setelah tercampur merata, aplikasikan masker pada wajah termasuk bagian wajah yang berjerawat. Tunggu kira-kira 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

6. Bawang Putih Bermanfaat Mengobati Sekaligus Mencegah Jerawat

bawang putih
Siapa sangka, salah satu jenis bumbu masak ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Yup, bawang putih memiliki kandungan anti oksidan tinggi, termasuk anti bakteri, anti jamur, dan anti virus.
Selain bisa menghilangkan jerawat, konsumsi bawang putih adalah cara pencegahan jerawat yang paling ampuh. Jika bawang putih yang dihaluskan bisa langsung digunakan pada kulit normal yang berjerawat, khusus untuk kulit sensitif bisa mencampur bawang putih tumbuk dengan air.

7. Rajinlah Menguapi Wajah di Rumah

penguapan
Menguapi wajah jadi salah satu cara menghalau jerawat lantaran penguapan mengakibatkan pori-pori kulit terbuka. Akibatnya, baik sel kulit mati maupun kotoran dan minyak di wajah akan mudah terangkat. Selain jerawat jadi lebih cepat hilang, penguapan juga bermanfaat untuk melembabkan dan mendetoksifikasi kulit.

8. Gunakan Benzoil Peroksida dan Vitacid

benzoil peroksida
Cara lain yang tak kalah cepat mengatasi jerawat yaitu dengan penggunaan Benzoil Peroksida. Yup, Benzoil Peroksida adalah bahan aktif yang biasa digunakan pada krim-krim jerawat. Saat dioleskan pada jerawat, Benzoil Peroksida memberikan oksigen dalam pori-pori sehingga bisa membunuh bakteri jerawat yang disebut Propionibacter Acnes.
Selain Benzoil Peroksida, jerawat pun bisa diobati dengan Vitacid. Keduanya adalah obat oles siap pakai yang bisa dibeli di apotik. Namun, untuk menghindari efek samping sebaiknya konsultasikan penggunaan kedua obat ini pada petugas apotik. Gunakan pula keduanya dengan kadar obat mulai dari yang paling rendah, misalnya Benzoil Perokside 2,5% dan Vitacid 0,025%.

9. Oleskan Tea Tree Oil pada Kulit yang Berjerawat

tea tree oil
Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari tanaman khas Australia, Melaleuca Alternifolia. Selain mengatasi jerawat secara alami, Tea Tree Oil juga ampuh membersihkan kulit wajah. Kandungan zat anti jamur dan anti bakteri pada Tea Tree Oil bahkan sama efektifnya dengan Benzoil Peroksida lho!

10. Jerawat Bisa Dilawan dengan Masker Mentimun

timun
Seringkali kita menggunakan mentimun untuk mengompres mata yang sembab atau bengkak. Pasalnya, timun bisa bekerja sebagai anti-inflamasi sehingga cocok untuk meredam jerawat.
Caranya, hancurkan mentimun lalu campur dengan air lemon dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu basuh dengan air hangat. Selain jerawat yang akan mengempis, warna kemerahan akibat peradangan pun akan menghilang.

11. Stop! Jangan Sekali-kali Memencet Jerawatmu!

jangan dipencet
Nah, satu hal yang tak boleh dilakukan saat jerawat muncul di wajahmu adalah memencetnya. Meskipun tangan seringkali ‘gatal’ untuk menyentuh atau memencet jerawat lantaran merasa risih, sebaiknya kendalikan dirimu.
Memencet jerawat hanya akan mengakibatkan munculnya jaringan parut pada bekas jerawat. Selain itu, memencet jerawat berarti membiarkan bakteri yang hidup pada jerawat menyebar ke bagian pori-pori lain. Akibatnya, jerawat-jerawat baru justru akan muncul lebih banyak.

Nah, itu tadi beberapa cara praktis mengatasi jerawat yang bisa kamu coba saat jerawat mulai muncul dan mengganggu hari-harimu. Namun, disiplin menjaga kebersihan kulit wajah sebagai tindakan pencegahan munculnya jerawat sudah pasti wajib kamu lakukan, ya!

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.