Thursday, September 30, 2021

Cegah Penyakit Berbahaya, Apa Saja Makanan Yang Mengandung Asam Urat?

Cegah Penyakit Berbahaya, Apa Saja Makanan Yang Mengandung Asam Urat?

Asam urat adalah sebuah kondisi yang menyebabkan penderitanya mengalami gejala nyeri yang tidak bisa ditahan, bengkak serta adanya rasa panas di sekitar area sendi. Sebenarnya asam urat bisa dikendalikan, apa saja makanan yang mengandung asam urat yang bisa dikontrol dengan baik.

Ada berbagai cara untuk mencegah penyakit asam urat ini. Diantaranya adalah dengan memakan makanan yang sehat. Lantas apa saja makanan yang mengandung asam urat? Berikut daftar pantangan yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat.

1. Menghindari Mengkonsumsi Gula Berlebihan

Makanan yang mengandung gula atau makanan manis mungkin adalah makanan yang banyak diminati oleh semua orang. Namun gula merupakan pantangan yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat.

Gula atau fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat serum. Sehingga harus dibatasi atau bahkan bisa dihindari supaya gejala asam urat bisa dikurangi. Selanjutnya untuk buah yang mengandung fruktosa tinggi juga harus dihindari atau dibatasi.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti kue, keripik, roti, soda, permen dan lain sebagainya merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Makanan atau minuman yang diolah hanya bisa meningkatkan asam urat, jadi kurangilah makan makanan olahan yang tinggi kalori.

3. Makanan Laut

Apa saja makanan yang mengandung asam urat? Pantangan bagi penderita asam urat selanjutnya adalah makanan laut seperti ikan, udang, cumi dan lain sebagainya. Makanan laut yang mengandung purin yang tinggi harus dihindari.

Menikmati makanan laut juga diperbolehkan penderita asam urat, tetapi dengan memilih jenis hewan laut yang rendah purinya. Semakin rendah, semakin bagus untuk kesehatan dengan begitu akan meminimalisir asam urat.

4. Daging Merah

Jeroan dan daging merah memiliki purin yang tinggi, sehingga beresiko untuk meningkatkan kadar asam urat. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran guna menurunkan kadar asam urat yang ada di tubuh. Dengan begitu tidak beresiko untuk kedepanya.

5. Minuman Keras

Pantangan penderita penyakit asam urat adalah bir atau minuman keras. Alkohol dapat menyebabkan hiperurisemia kronis serta meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh. Untuk itu disarankan bagi anda yang menderita penyakit asam urat agar menghindari minuman keras.

6. Daging Olahan

Kemudian ada daging olahan yang merupakan pantangan bagi penderita penyakit asam urat. Produk daging olahan seperti salami atau ham dapat memicu kambuhnya penyakit asam urat. Selain itu daging olahan mengandung lemak jenuh yang dapat memicu gejala penyakit lain.

Selain dari segi makanan, ternyata penyebab penyakit asam urat kambuh ada dari segi pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, tidur yang kurang, asupan vitamin dan pola nutrisi yang tidak terpenuhi. Selain itu bisa juga disebabkan oleh makanan atau minuman dengan kadar purin yang tinggi.

Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari atau bisa membatasi penggunaan purin yang tinggi. Makanan dikatakan memiliki purin yang tinggi jika memiliki berat kadar purin 200 mg per 100 gram.

Bagi penderita penyakit asam urat yang masih ragu dengan pantangan diatas bisa konsultasi langsung ke dokter untuk memastikan baiknya bagaimana. Serta juga disarankan untuk menjaga kesehatan.

6 pantangan diatas merupakan apa saja makanan yang mengandung asam urat. Lebih baik dihindari atau dibatasi supaya dapat menekan terjadinya resiko peningkatan gejala asam urat didalam tubuh.

Post Terbaru
Comments

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.
EmoticonEmoticon