Thursday, July 30, 2020

Resep Salmon Mentai Kekinian


Resep Salmon Mentai Kekinian

Belakangan ini, makanan mentai rice sedang menjamur di kalangan para industri makanan homemade yang ada di Jakarta. Berasal dari kata mentaiko yang berarti ikan kod, hidangan yang kaya akan citarasa mayo ini mulai digemari banyak orang karena kelezatannya yang luar biasa. Yakin deh, pasti Friends pun pasti pernah mencobanya, ‘kan?    

Kita pasti sudah gak asing lagi dengan istilah dari mentai, karena belakangan ini banyak sekali olahan mentai bermunculan di media sosial. Ada salmon mentai, kani mentai rice, beef mentai shirataki, dan sebagainya. Akan tetapi sudah pada tahu artinya, belum?

Mentai atau biasanya disebut dengan mentaiko merupakan salah satu makanan dari Jepang yang berasal dari telur ikan tarako atau ikan pollock yang dibumbui dengan lada. Telur ikan ini bentuknya mirip tobiko, tapi lebih kecil, dan kerap diolah dalam berbagai makanan. Salah satunya saus mentai, campuran telur ikan yang sudah diasinkan dengan mayones.

Seiring dengan berjalannya waktu, olahan mentai pun banyak sekali dimodifikasi, termasuk yang sering kita temui saat ini. Kebanyakan restoran biasanya mengganti mentai dengan tobiko alias telur ikan terbang yang berwarna oranye yang biasanya kerap digunakan dalam sushi.

Nah, kamu pun juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di rumah melalui resep salmon mentai yang berikut ini. Dijamin rasanya gak bakal kalah dengan buatan restoran dan kafe. Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah didapat kok

Resep Salmon Mentai yang Simpel dan Enak, Gak Perlu ke Kafe


Bumbu untuk nasi:
2 porsi kecil nasi putih
2 sendok makan bubuk nori
1 sendok makan kecap asin
1 sendok teh minyak wijen

Bumbu untuk salmon:
130 gram ikan salmon
2 sendok makan kecap asin, balurkan ke permukaan salmon

Bahan saus mentai:
1 sendok makan mentaiko (bisa diganti tobiko)
1 sendok makan saus tomat
1 sendok teh saus sambal
Bubuk cabai secukupnya

 


Cara membuatnya pun gak seribet yang kamu bayangkan


Cara membuat saus mentai:
  • Pertama, kita buat dulu saus mentainya. Siapkan mangkuk, tuang seluruh bahan untuk saus ke dalamnya. Aduk hingga rata.
  • Selanjutnya, kita bumbui nasi dengan bubuk nori, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk hingga rata.
  • Pindahkan nasi ke dalam pinggan tahan panas atau bisa juga menggunakan kemasan aluminium foil. Ratakan nasi, sisihkan.
  • Kini saatnya mengolah ikan salmon. Pisahkan daging dan kulit ikan salmon. Kemudian potong daging salmon tipis-tipis dengan ukuran sesuai selera.
  • Baluri salmon dengan kecap asin hingga rata, kemudian tata salmon ke dalam loyang. Panggang sebentar menggunakan blow torch hingga permukaannya berubah warna. Tak perlu sampai gosong atau kecokelatan.
  • Susun ikan salmon di atas permukaan nasi, tuang saus mentai di atas salmon hingga rata dan menutupi seluruh permukaan.
  • Panggang permukaan saus mentai dengan blow torch hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Tambahkan bubuk nori atau parsley di atasnya sebagai garnish.

Tips yang bisa kamu terapkan
  • Kalau gak pengin ribet, kamu bisa beli mayones pedas instan di minimarket terdekat. Koreksi rasanya sesuai dengan lidahmu, kalau kurang manis, bisa tambahkan gula. Kalau kurang pedas, bisa tambahkan bubuk cabai atau saus sambal.
  • Kalau gak ada bubuk nori, kamu juga bisa pakai nori sheet yang bisa dibeli di minimarket biasa. Tinggal gunting atau hancurkan lembaran nori kering, lalu campurkan ke nasi.
  • Gak punya bow torch? Bisa pakai oven kok, tinggal panggang sekitar 3-5 menit.
  • Untuk salmon, kamu bisa panggang di atas teflon, kalau tidak punya torch.
  • Selain salmon, kamu bisa tambahkan bahan lainnya, seperti jamur enoki, crab stick, atau sosis siap makan.
  • Biar makin enak, kamu bisa menumis nasi dengan mentega dan bawang putih cincang. Selanjutnya tambahkan bubuk nori, tapi kurangi takaran kecap asin.


Nah, sekarang kalian gak perlu repot-repot untuk datang ke kafe mahal lagi untuk sekedar mencicipi salmon mentai yang enak. Kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah!

Post Terbaru
Comments

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.
EmoticonEmoticon