Tuesday, June 23, 2020

Hindari Sejak Dini Penyebaran Covid19 Dengan Rapid Test

Hindari Sejak Dini Penyebaran Covid19 Dengan Rapid Test

Pemeriksaan covid-19 melalui rapid test atau tes cepat merupakan tes yang begitu populer belakangan ini. Rapid test mulai di negara kita sejak Maret 2020 yang lalu. Rapid test covid-19 akan mendeteksi dan mengetahui gejala infeksi Covid-19 melalui antibodi. Caranya dengan pengambilan sample darah manusia.

Apa Itu RAPID TEST ?


Rapid test merupakan cara atau metode skrining lebih awal yang digunakan dalam mendeteksi antibodi seseorang, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona.

IgM (Immunoglobulin M) merupakan jenis antibodi yang dihasilkan oleh tubuh saat Anda pertama kali terinfeksi bakteri atau kuman lainnya, yang berperan sebagai garis pertahanan pertama tubuh untuk melawan infeksi. Antibodi IgM sendiri akan meningkat dalam waktu singkat saat tubuh mengalami infeksi.

Sedangkan IgG (Immunoglobulin G) adalah antibodi yang paling banyak terdapat dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Antibodi ini bertugas melindungi Anda dari infeksi dengan “mengingat” kuman, bakteri, atau virus yang pernah Anda hadapi sebelumnya. Jika kuman, bakteri, atau virus kembali, maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan “serangan”.

Kedua antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh apabila ada paparan virus. Dengan kata lain, jika antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona. Akan tetapi perlu Anda ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa sampai berminggu- minggu.Tes cepat atau rapid test yang dimaksud di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan sebagai pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosa infeksi virus corona pada COVID-19.

Kategori Orang yang Harus Menjalani Rapid Test


Jadi, tidak semua orang wajib menjalani rapid test. Untuk mengikuti rapid test ada kriteria khususnya.

Ada tiga kategori yang harus menjalani Rapid Test, yakni OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Status tersebut akan di tentukan oleh petugas kesehatan.

Selain ketiga kategori tersebut, tidak ada rugi nya jika kalian Kalian juga memeriksaan atau melakukan pemeriksaan Rapid Test ini. Masyarakat Indonesia sebaiknya melakukan pemeriksaan ini sebagai langkah awal deteksi dini dan selain itu kalian juga bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

BACA JUGA : Perbedaan Menggunakan Hand Sanitizer dan Mencuci Tangan Dengan Sabun

Pengecekkan RAPID TEST Drive Thru


Untuk melakukan pengecekkan Rapid Test disaat wabah pandemi ini janganlah kita takut. Jika Kalian takut untuk pemeriksaan ke Rumah Sakit atau Fasilitas kesehatan lainnya, saat ini sudah tersedia layanan Pengecekkan Rapid Test secara Drive Thru Program deteksi dini Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Medi-Call melalui pendaftaran Drive Thru Rapid Test Covid-19. Dengan menggunakan sistem Drive Thru, peserta tidak perlu turun dari kendaraan.

Pengecekan RAPID TEST melalui Aplikasi HALODOC


Buat kalian yang sedang berada dirumah dan sedang menjalani work from home. Kalian bisa menggunakan layanan dari Aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc kalian bisa menghubungi dan berkonsultasi via online dengan dokter spesialis sesuai keluhan kalian. Untuk prosedurnya juga mudah. Kalian tinggal download aplikasinya di playstore dan isi data kalian. Aplikasi ini juga memudahkan penggunanya membeli obat melalui layanan apotik online dan store yang ada di Halodoc.

Buat kalian yang ingin menjaga kesehatan walaupun sekarang sedang dirumah aja, langsung download aplikasinya dan nikmati kemudahan dalam menjaga kesehatan secara online melalui aplikasi Halodoc. Semoga artikel ini bermanfaat dan sehat selalu ya.

Post Terbaru
Comments

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.
EmoticonEmoticon