aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman

Tips dan Trik Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC


Tips dan Trik Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Udara di beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini tengah mengalami peningkatan suhu akibat musim kemarau panjang. Belum lagi, makin banyak rumah-rumah dan bangunan yang menggunakan AC. Meski dianggap lumrah, namun penggunaan AC bisa menyumbang emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global lo. Bumi kita bakalan makin rusak karenanya.

Nah, kalau kamu pingin punya rumah yang sejuk tapi tanpa harus pakai AC, coba akali rumah yang ramah lingkungan saja. Rumah ini nantinya bisa menjaga suhu ruangan tetap dingin meski cuaca di luar panas.
1.     Buatlah banyak bukaan seperti jendela atau ventilasi
 Supaya udara segar bisa masuk dengan leluasa, kamu perlu membuat bukaan yang lebih banyak dari biasanya. Tapi nggak boleh sembarangan, sebab jika bukaan menghadap ke timur, sinar matahari akan menyoroti rumah dan membuatnya jadi lebih panas.

2.     Gunakan cat berlapis khusus
Cat khusus ini bisa menurunkan suhu udara hingga 10 derajat Celcius. Lapisan cat khusus ini terdiri dari pelapis fotokromik dan termokromik. Pelapisan fotokromik bisa menyaring intensitas cahaya yang masuk. Sedang, pelapis termokromik bisa memantulkan kembali udara panas.

3.     Sebaiknya jangan gunakan banyak elemen kaca pada dinding
Kaca dapat menyerap suhu panas yang dipantulkan oleh sinar matahari. Bahkan jika udara terlalu panas, pantulan sinar matahari yang diterima oleh kaca bisa menyulut api.

4.     Bangunan yang terbuat dari batu
Massa termal merupakan kemampuan bahan bangunan untuk menyerap dan melepaskan panas secara perlahan. Namun, meski beton memiliki massa termal yang tinggi, bahan ini membutuhkan energi besar sehingga perlu dicampur ke bahan kayu agar suhunya sesuai.

5.      Minimalisir ruang dengan banyak sekat dalam rumah
Nyatanya, rumah yang lebih luas akan terasa lebih lega dan sejuk jika ditempati. Kalau nggak percaya, coba hilangkan sekat antara ruang tamu dan ruang keluargamu.

6.      Minimalisir penguapan air dengan menyediakan pipa semprot otomatis
Air dapat menyerap panas dan menguap. Saat uap air yang panas naik, maka akan mendorong udara dingin ke bawah sehingga suhu udara dalam rumah jadi lebih panas. Kalau memang nggak ada pipa semprot otomatis, kamu bisa kok menyemprot halaman depan rumah dengan rutin.
Nah, sekarang kamu bisa meminimalisir penggunaan AC dengan melakukan beberapa trik di atas untuk membuat rumahmu tetap dingin. Selamat mencoba!


Udara di beberapa kota di Indonesia akhir-akhir ini tengah mengalami peningkatan suhu akibat musim kemarau panjang. Belum lagi, makin banyak rumah-rumah dan bangunan yang menggunakan AC. Meski dianggap lumrah, namun penggunaan AC bisa menyumbang emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global lo. Bumi kita bakalan makin rusak karenanya.

Label: , , ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.