aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman

Tips Untuk Kamu Yang Sering Gugup Ngomong Di Depan Umum


Apakah kamu pernah merasa gugup ketika diminta ngomong di depan orang banyak? Apalagi bagi kamu yang memang masih termasuk pemula banget. Saat puluhan, atau malah ribuan, pasang mata memandang, saat itu pula kamu pengen secepat-cepatnya turun dari panggung karena malu.
Kalau kamu merasa gugup sebelum bicara di depan publik itu wajar. Tapi kalau berlebihan juga berbahaya. Bisa-bisa pesan yang ingin kamu sampaikan malah gak didengerin atau kamu akan di olok olok penonton.
Untuk menghindari hal itu, berikut artikel kasih kamu beberapa Tips Untuk Kamu Yang Sering Gugup Ngomong Di Depan Umum

1. Ambil Topik Yang Kamu Pahami

Pilih Topik yang Menarik dan Kamu Mengerti
Pilih topik yang menarik bagi kamu, hal yang kamu paham banget. Bikin materi pidato dengan topik yang kamu kenal, kasih sedikit humor, pengalaman pribadi dan sekali-sekali ajak pendengar berdialog. Dengan begitu kamu gak bakal blank saat berbicara.

2. Latihan, Lalu Latihan Lagi

Ingat! Practice Makes Perfect
Latihan kayak kamu benar-benar diatas panggung, bukan di depan cermin. Jika kamu akan memakai alat (komputer, slide) latih juga penggunaannya.
Atur nafas dan jeda. Gunakan timer kalau jatah bicara kamu dibatasi.

3. Penampilan Itu Penting

Penampilan Itu Penting
Jika kamu berkegiatan di bidang yang mengharuskan kamu bicara di depan publik, maka penampilan itu sangat penting. Ada banyak orang akan lihat tampang kamu, pastiin kamu terlihat oke. Semakin rapi dandanan kamu, kamu juga semakin terlihat siap dan profesional.

4. Kenali Audiens

Kepada Siapa Kamu Bicara?
Kamu musti paham dan kenal dengan penonton/pendengar kamu bicara. Do Your Homework, cari tahu di forum apa kamu bakal bicara, tanya ke panitia jumlah orang yang akan hadir. Kalau perlu datang lebih awal ke tempat acara, lalu bersalam sapa dengan audiens-mu.

5. Paham Dengan Ruangan

Cek Venue dan tata suara jika perlu
Datang lebih awal, lihat situasi venue kamu menyampaikan pidato atau presentasi. Apakah di ruang serba guna atau di ruangan seluas lapangan sepakbola? Cek juga kesiapan tata suara dan microphone. Semakin paham kamu dengan keadaan panggung, smakin nyaman kamu menyampaikan pesan.

6. Kamu Luar Biasa!

Bayangkan Kamu Menginspirasi Orang
Bayangkan dirimu di podium, menyampaikan pidato berapi-api, menginspirasi banyak orang, lalu disambut dengan standing ovation. Jangan bayangkan kamu terbata-bata dan gagal di podium. Jika kamu membayangkan dirimu gagal, kamu mungkin akan gagal beneran.

7. Mereka Juga Bilang Kamu Luar Biasa

Mereka Datang Demi Kamu
Sadar gak? Audiens sengaja datang untuk menyaksikan kamu bicara. Mereka ingin mendapat ilmu, semangat. Mereka berharap bisa mendengar kisah kamu. Jadi beri mereka sesuatu yang menginspirasi dan menghibur.

8. Tetap Tenang

Tenang dan Santai
Mulai dengan menyapa penonton, gunakan semangat mereka untuk menghilangkan kegugupanmu. Senyum, jangan lupa bernafas dan ambil jeda jika perlu.

9. Main Mata Dengan Audiens

Tanpa Kontak Mata, Seperti Tanpa Persiapan
Penonton akan yakin dengan pembicara yang melihat langsung ke mata, jadi pandangi audiens ketika kamu bicara. Jang melihat ke lantai, gak ada apa-apa di sana. Melihat catatan terus menerus juga gak bagus, kamu kelihatan gak ada persiapan. Tegakkan kepala, bikin mereka yakin dan percaya dengan apa yang kamu bicarakan.

10. Gak Perlu Minta Maaf

Terus Mengalir

Gak usah minta maaf karena kamu merasa gugup. Kalau lupa mau ngomong apa, tetap tenang, lompat ke part pidato berikutnya. Mereka gak bakalan tahu, kok.

11. Boleh Melucu, Asal…

Kamu sangat dianjurkan melempar beberapa joke asal tetap fokus pada pesan yang ingin kamu sampaikan. Melucu hanya untuk memecahkan kebekuan, lalu kembali ke pidato.

12. Tambah Jam Terbang

Tambah pengalamanmu di atas podium. Pengalaman akan menambah rasa percaya diri kamu.

Tuh, gak perlu takut lagi kan kalau diminta bicara di depan orang banyak? Sekian Tips Untuk Kamu Yang Sering Gugup Ngomong Di Depan Umum

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.