aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman

Jangan Tidur Setelah Sahur Sebelum Melakukan 4 Hal ini

Sahur merupakan aktivitas yang di lakukan pada sebelum subuh untuk memberi nutrisi agar memberi semangat berpuasa. Namun, sebagian orang setelah sahur malah tidur, atau mungkin ketiduran karena ngantuk berat. Padahal, tidur sesudah sahur itu tidak bagus untuk kesehatan. Salah satunya memicu kegemukan dan asam lambung.
Sebenarnya tidak ada larangan tidur setelah sahur, tapi juga tidak asal tidur. Kali ini RajaTips akan membagian beberapa Tips yang kamu terapkan untuk tidur setelah sahur.
1. Pastikan kamu memakan makanan yang nggak terlalu manis, berlemak, atau mengandung kafein saat sahur


Meskipun kamu diperbolehkan untuk tidur lagi setelah sahur, bukan berarti kamu boleh makan seenaknya saat sahur. Apa yang kamu makan saat sahur akan memengaruhi kondisimu saat tidur nanti. Baiknya, hindari makanan manis terlalu banyak dan kafein karena bikin tidurmu nggak nyenyak. Juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan pedas untuk menghindari mulas saat tidur. Makanlah makanan yang nggak terlalu berat dan secukupnya saja. Tambahkan asupan serat seperti sayur dan buah untuk mempercepat proses pencernaan nantinya.

2. Beri jeda minimal dua jam setelah sahur agar makanan ‘turun’ dulu dan nggak bikin asam lambung atau penumpukan lemak di perut


Langsung tidur setelah sahur sangat nggak direkomendasikan bagi orang normal, apalagi mereka yang punya penyakit maag atau asam lambung (GERD). Makan terakhir itu dianjurkan minimal dua jam sebelum tidur. Jeda waktu yang cukup lama ini akan memberi kesempatan bagi makanan untuk benar-benar diproses hingga sampai di tempat tujuan terakhir, yaitu usus kecil, sehingga lambung nggak perlu lagi bekerja keras semalaman. Nah, sambil menunggu, beristirahatlah sambil nonton TV, baca buku, atau ngerjain tugasmu. Pokoknya sebelum dua jam, jangan tidur dulu ya!

3. Salah satu kegiatan rutin yang wajib dilakukan lagi adalah menyikat gigi. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri dan kuman di dalam mulut bisa diatasi


Jadwal sikat gigi yang dianjurkan salah satunya adalah sebelum tidur. Saat itu, nggak ada aktivitas di dalam mulut sehingga aliran ludah sedikit. Jika dengan kondisi ini rongga mulut nggak dibersihkan, bakteri bakal berkembang biak dan memakan sisa-sisa makanan dalam mulut. Sisa makanan ini akan diubah jadi asam dan melarutkan mineral gigi. Akibatnya, gigi jadi mudah rusak dan berlubang. Makanya, setelah sahur, kamu harus banget gosok gigi. Apalagi bakal puasa selama kurang lebih 9 jam lamanya.

4. Jangan lupa juga, luangkan waktu untuk menunaikan salat Subuh begitu selesai imsak dan dengar kumandang azan


Setelah imsak dan mendengar azan Subuh berkumandang, bersegeralah untuk langsung menunaikan kewajibanmu. Jangan mengulur atau melalaikan waktu yang ada. Karena semakin kamu menunda-nunda, semakin malas pula beranjak dan mengerjakan salat. Cobaan terbesar saat puasa ini bukan hanya menahan nafsu untuk nggak makan atau minum, tapi juga godaan untuk menunaikan salat. Jadi jangan sampai kamu sudah ketiduran duluan sebelum salat Subuh.

Nah, kalau keempat syarat di atas sudah kamu penuhi semua, maka tidur setelah sahur pun nggak akan jadi bahaya lagi. Tapi tetap, akan lebih bagus jika kamu nggak tidur lagi setelah sahur. Melanjutkan aktivitas hingga siang hari dan baru menyempatkan tidur di waktu siang bisa kamu praktikkan sebagai pengganti jatah tidurmu yang terpotong sahur. Semoga bermanfaat ya!
Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.