aksesoris alami alergi anak Anakkos anakmuda Android anggaran apartemen Aplikasi asuransi AwetMuda bali balita bayi Beasiswa Bekas bekasi belajar belanja beli Beraktivitas berbelanja Bicara Bicaradidepanumum bidang Blog Bulanan Buncit Cara cerdas cream depresi dermatitis desain desain logo diaper cream Diet domain editor frisianflag Gadget gambar game genset Gugup gunung Handphone Hemat Hidup hipertensi hosting hunian ibu imunitas info informasi informsi Internasional Internet islam jakarta jenis Jerawat kacamata kalimantan kalimantan tengah Kantuk Kebugaran Kecantikan kemajuan kendraan kerja kerja sampingan Kesehatan kesehatan jiwa kesehatan mental khas komplek komunikasi kpr Kulit laktosa lebaran lem aibon liburan listrik listrikrumah logo maju makan Makanan Malu manfaat membeli mendaki mendaki gunung Mengatasi menggambar menu mewah Mie Mieinstan mobil motor mpasi Muda murah Nasional ngantuk now Olahraga online palangkaraya palembang pekerjaan pelindung Pendidikan penghasilan Penulis Penyakit Penyebab peralatan perawatan perumahan Perut Pesawat popok Profesional properti psikolog Puasa ramadhan Rasamalu rumah rumahtangga sapi Sehat Sekolah sepeda sepedagunung serai server sewatama shaum Smartphone sparepart stress susu susu sapi sususapi tanpa ac tekanan darah Tinggi tekno teknologi tempat tempat tinggal terbaru terkini Tiket Tiketmurah tipas Tips travel Travelling Trik Tutorial Uang UangBulanan Umum umum. uang unik Universitas update viral wajib Wanita waterbom web wisata zaman

Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk Saat Beraktivitas


Mengantuk adalah kondisi yang sangat wajar dialami manusia. Seringkali, rasa kantuk bisa jadi masalah yang besar ketika menyerang di saat yang tidak tepat, ketika bekerja di kantor atau saat kamu di kampus, misalnya.
Jika kantuk sudah melanda, kamu cenderung nggak bisa fokus. Alih-alih memaksa diri untuk tetap bekerja, kamu justru sibuk melawan rasa kantukmu.
Nah, di artikel kali ini sudah menyiapkan Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk Saat Beraktivitas. Apa aja, sih?

1. Bergerak adalah Cara yang Paling Gampang

Selama bekerja, tubuh dan pikiran dipaksa untuk bisa fokus dan menjaga konsentrasi. Duduk berjam-jam di depan layar komputer sudah pasti membuatmu kelelahan, bosan, hingga akhirnya mengantuk.
Segera alihkan pandangan dari layar komputer; beranjak dari tempat dudukmu ketika kantuk sudah tidak tertahankan. Mulailah dengan berdiri dan menggerakan tangan atau melangkahkan kaki menjauh dari meja kerjamu. Jika memungkinkan, cobalah untuk sejenak pergi ke halaman belakang kantor supaya bisa menghirup udara segar.

2. Coba Halau Kantukmu dengan Berganti Tugas

ganti kerjaan
Terlalu lama fokus pada satu tugas bisa membuat seseorang merasa bosan. Rasa bosan inilah yang kemudian menyebabkan kantuk. Namun, hal ini bisa diatasi dengan cara mengganti tugas yang sudah kamu kerjakan selama berjam-jam dengan tugas lain.
Ketika posisi sebagai HRD membuatmu sibuk membuat daftar karyawan yang layak naik gaji bulan ini, sejenak alihkan fokusmu pada berkas para pelamar kerja yang sudah menunpuk di mejamu. Meskipun terdengar sederhana, cara ini akan membantu stimulasi otak sehingga tetap aktif berpikir.

3. Mendengarkan Musik

mendengarkan musik
Bekerja sambil mendengarkan musik ternyata bisa mengatasi rasa kantuk. Musik akan membuatmu tetap terjaga selama bekerja. Uniknya, jenis musik yang jarang kamu dengarkan justru lebih efektif mengatasi kantuk daripada musik yang biasa kamu dengar.
Bahkan, musik dengan volume lirih juga lebih ampuh membuatmu terjaga daripada musik dengan volume keras. Pasalnya, suara lirih memaksamu untuk lebih fokus mendengarkan, baik irama maupun lirik dari musik itu.

4. Segera Seduh Secangkir Kopi

bikin kopi
Tidak kuat menahan kantuk di sela-sela jam kerja? Segeralah melangkah ke pantry untuk menyeduh secangkir kopi hangat!
Yup, aroma kopi yang harum dengan sekejap dijamin bisa membangunkanmu. Kopi mengandung kafein yang siap bersaing dengan adesonin dalam tubuh. Zat adesonin adalah senyawa dalam sel otak yang membuat seseorang mudah mengatuk. Kafein berfungsi memperlambat gerak sel-sel tubuh sehingga tubuh tidak mudah lelah, namun justru meerasa lebih segar.

5. Pergilah ke Toilet untuk Menggosok Gigi

sikat gigi
Rasa kantuk bisa diatasi dengan melakukan hal-hal yang membuatmu merasa segar. Yup, salah satunya dengan menggosok gigi. Pasalnya, rasa dari pasta gigi akan memberikan sensasi segar di mulut. Sesaat setelah menggosok gigi, rasa kantuk akan segera hilang dan kamu pun siap melanjutkan pekerjaan.

6. Kunyah Permen dengan Perisa Mint

permen
Inilah kenapa kamu wajib menyimpan permen di laci meja kerja. Alasannya, permen terbukti ampuh melawan rasa kantuk yang sering mengganggu produktivitasmu.
Sebaiknya pilih permen dengan perisa mint yang umumnya memberi efek segar di mulut. Selain itu, bisa juga memilih jenis permen karet yang lebih awet dinikmati sambil menuntaskan tugas-tugasmu. Namun, pastikan bahwa atasan atau budaya kerja d ikantormu tidak keberatan dengan hal ini, ya!

7. Atasi Kantukmu dengan Mencuci Muka

cuci muka
Selain dengan cara menggosok gigi seperti di ulas di poin sebelumnya, rasa kantuk juga bisa diatasi dengan mencuci muka. Hampir sama dengan menggosok gigi, mencuci muka juga akan memberikan efek segar di wajah.
Jadi, tidak ada salahnya membawa facial foam yang biasa kamu pakai sehari-hari ke kantor. Saat tiba-tiba didera kantuk, kamu bisa buru-buru ‘kabur’ ke toilet untuk mencuci muka.

8. Hirup Minyak Wangi atau Aromaterapi

minyak wangi
Ketika kantuk sudah demikian menyiksa, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuka botol minyak wangi lalu menghirup aromanya dalam-dalam. Selain minyak wangi, kamu juga bisa menggunakan aromaterapi yang mengobati kantuk sekaligus memberikan efek rileks pada tubuh.

9. Kalahkan Kantuk dengan Main Game

Ketika rasa kantuk sudah tidak bisa lagi diajak kompromi, memaksa menyelesaikan pekerjaan menjadi hal yang sia-sia. Lebih baik hentikan sejenak pekerjaanmu dan lakukan sesuatu yang bisa membuatmu bersemangat.
Apa sih yang bisa membuatmu lebih bersemangat? Yup, main game! Main game bisa jadi cara paling menyenangkan untuk menyegarkan otak. Lewat permainan game, otak akan dibantu untuk menemukan hal baru yang membuatnya aktif berpikir. Sebaiknya, pilih game dengan karakter lucu karena bisa meningkatkan suasana hati ke arah positif.

10. Tidur Adalah Obat yang Paling Mujarab

tidur siang
Daripada mati-matian melawan, menuruti rasa kantuk dengan sejenak tidur siang jadi cara yang paling tepat. Pasalnya, rasa kantuk ibarat sinyal yang dikirimkan tubuh. Bahwa tubuh memang sudah terlalu lelah dan butuh istirahat.
Tidur siang selama 20 menit akan mengembalikan energimu. Setelahnya, kamu akan merasa lebih segar dan kembali fokus. Namun, tidak semua kantor mengijinkan karyawannya untuk pergi tidur siang sewaktu-waktu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan jam makan siangmu.

11. Makanan Bisa Jadi Biang Keladi Kantukmu

Penting untuk memperhatikan asupan makananmu setiap harinya. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang memang bisa membuatmu mudah mengantuk. Umumnya, makanan-makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi adalah biang keladinya. Misalnya nih, nasi, roti, umbi-umbian, atau pisang.
Perhatikan jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi saat sarapan maupun makan siang. Demi mencegah kantuk, sebaiknya hindari porsi besar saat makan siang. Makanlah secukupnya dan jangan terlalu kenyang jika tidak ingin mengantuk setelahnya.

12. Cukupkan Istirahat di Malam Hari

tidur malam
Mudah mengantuk di siang hari bisa jadi karena kamu memang kurang tidur. Selayaknya, orang dewasa tidur selama 6-8 jam sehari. Jika kebutuhan ini tidak bisa terpenuhi saat istirahat malam, maka kemungkinan mengantuk di jam-jam kerja menjadi lebih besar.

Pastikan bahwa kamu bisa tidur cukup saat malam hari. Hindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat tidurmu tidak berkualitas. Sebaiknya, hindari menonton TV atau menggunakan gawai satu jam sebelum tidur. Matikan lampu dan buat tidurmu senyaman mungkin.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.