10 Cara mengatasi Batuk

bagaimana cara mengatasi batuk berdahak dan kering?

Sudah lama membiarkan batuk dengan anggapan akan sembuh dengan sendirinya, namun ternyata tidak. Banyak yang mengalami hal tersebut. Oleh karena itu, lebih baik diperhatikan lagi masalah yang bisa berujung serius ini.
Berikut ini cara mengatasi batuk  tanpa obat pabrik :

1.Kacang almond

Belum banyak yang tahu kalau ternyata biji atau kacang almond dapat mengatasi batuk. Langsung saja dicermati cara menghilangkan batuk secara alami dengan kacang almond.
  1. Sediakan 8 butir kacang almond. Rendam di dalam air selama 12 jam (bisa malam hari sembari ditinggal tidur).
  2. Tumbuk kacang almond hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan sesendok teh mentega.
  3. Buat jadwal tiga hingga empat kali konsumsi perhari. Makan pasta hingga batuk hilang.
2.Buah anggur

Anggur merupakan buah untuk menyembuhkan batuk berdahak. Sifat ekspektoran pada anggur mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan dalam saluran pernapasan. Untuk mengurangi rasa jenuh, Anda bisa mengonsumsi anggur dalam bentuk cair, dijus misalnya.

3.Jus wortel

Beta-karoten yang terkandung di dalam wortel dikonversi menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan daya tangkap mata, melindungi kulit dari terpaan sang mentari, dan berbagai penyakit kulit. Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.

Karena diperkaya vitamin dan nutrisi penting, wortel bisa juga mengobati batuk yang sedang menimpa Anda. Berikut ini langkah pengobatannya.
  1. Bersihkan 4 wortel, kemudian masukkan dalam gelas blender, jangan lupa tuang air seperlunya.
  2. Tambahkan beberapa sendok teh madu untuk memberikan rasa manis.
  3. Blender hingga menjadi jus nikmat yang siap konsumsi.
  4. Minumlah sehari tiga hingga empat kali sampai batuk mereda.

4.Jeruk nipis dan kecap

Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis dan kecap turun temurun dipercaya dan masih sering digunakan oleh masyarakat kontemporer. Memang benar, beberapa orang mengaku sembuh dalam waktu singkat hanya dengan rutin mengonsumsi obat batuk tradisional ini.
Penasaran? Berikut panduan membuatnya.
  1. Sediakan satu buah jeruk nipis, kecap secukupnya, dan sendok makan.
  2. Peras jeruk nipis ke atas sendok, tuang pula sedikit kecap, lanjut dengan mencampurkan kedua bahan sebelum diminum.
  3. Minum sehari dua sampai tiga kali selama batuk belum berhenti.
5.Madu

Resep-resep sebelumnya ada yang disarankan menambahkan madu untuk memberi rasa. Mengapa madu yang dipilih? Tentu karena madu telah terbukti secara empiris efektif mengobati batuk dan tenggorokan gatal. Anda bisa minum madu langsung atau mencampurkannya dengan teh lemon.

Baca juga : 10 obat batuk herbal

6.Daun Mint yang dijadikan Teh

Negeri Hitler mempercayai daun mint sebagai solusi untuk menyembuhkan batuk, infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan bronkitis. Dedaunan ini dijadikan bahan baku langsung yang dikonsumsi dengan menjadikannya teh untuk mengurangi inflamasi dan merileksasikan otot trakea dan ilea.

Jika Anda memiliki tanaman ini di sekitar rumah, tidak ada salahnya mencoba cara mengobatib atuk dengan daun mint. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Petik daun teh mint secukupnya, kemudian seduh dengan air mendidih selama 10 menit, saring.
  2. Untuk memberi rasa dan manfaat tambahan, tuangkan madu dan lemon secukupnya. 
  3. Minum rutin hingga batuk sembuh.

7.Merica Hitam dan Madu

Lagi-lagi madu yang dikolaborasikan. Namun, kali ini dengan rempah masak yang sepertinya jarang dikonsumsi orang untuk mengobati batuk (mungkin belum mengtahuinya). Untuk itu, Anda bisa langsung mencoba khasiat merica hitam selain menstimulasi sirkulasi lendir, yakni menyembuhkan batuk.
Cara pengobatannya:
  1. Ambil sesendok merica halus (bisa beli langsung atau tumbuk sendiri), kemudian campurkan dengan 2 sendok madu dalam gelas ukuran normal.
  2. Tuangkan air mendidih, ambil penutup gelas dan biarkan 10 menit.
  3. Terakhir, minum langsung dan rasakan kehangatannya.

8.Lemon

Lemon berbeda dengan jeruk nipis, tapi keduanya memiliki khasiat menyembuhkan batuk. Anda bisa mencoba ramuan herbal yang cukup unik cara pengonsumsiannya ini. Berikut caranya.
  1. Ambil satu buah lemon, belah menjadi dua bagian atau iris sesuka Anda.
  2. Pada bagian daging, taburi merica bubuk dan garam. 
  3. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menghisap lemon hingga semua irisan berkurang cairannya.
Mungkin terkesan memaksakan, tapi memang seperti itu adanya. Atau, Anda bisa mencoba cara mengonsumsi lemon untuk mengobati batuk lain. Yakni dengan menjadikannya jus lemon hangat, untuk pemanis gunakan madu saja jangan gula.

9.Jahe

Jahe dapat memberi kehangatan bagi tubuh. Anda bisa langsung merasakan manfaat jahe bagi tubuh saat mengonsumsinya dalam bentuk cair, semisal susu jahe atau wedang jahe. Di tenggorokan akan terasa hangat sesaat menelan olahan jahe.

Seorang praktisi medis menggunakan jahe untuk meredakan gejala demam dan flu dengan memanfaatkan kandungan antihistamin dan kemampuan decongestant yang dimilikinya. Tanpa perlu beripikir panjang, Anda bisa langsung membuat jahe dengan mendidihkan 12 iris jahe dalam 3 gelas air selama ¼ jam, kemudian angkat, saring, tambahkan perasan lemon dan sesendok madu, minum ketika hangat.

10.Sup Hangat

Sup ayam hangat bisa menjadi santapan enak sekaligus bermanfaat meredakan flu yang disertai batuk. Uap dari sup yang masuk ke saluran pernapasan dapat mengurangi flu (mengatasi hidung tersumbat). Bicara efektif dan tidaknya mungkin tidak ada jawabannya, tetapi hal ini terbukti membantu.

Terimakasih sudah membaca artikel ini




Sumber : cakrawala sehat
Newer Post
This is the last post.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.